WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemkab Majalengka Siapkan Rp 140 Miliar untuk Perbaikan dan Perawatan Infrastruktur Jalan

MAJALENGKA, JMI - Pemkab Majalengka telah menyiapkan anggaran hingga miliaran rupiah untuk perbaikan dan perawatan infrastruktur jalan di Kabupaten Majalengka.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Majalengka, Agus Tamim, mengatakan, anggaran yang disiapkan pada tahun ini mencapai Rp 140-an miliar.

Menurut dia, anggaran tersebut disiapkan untuk memperbaiki dan merawat ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Majalengka yang totalnya mencapai 1.208 kilometer.

"Itu anggaran yang disiapkan pada tahun ini, dan infrastruktur jalan yang kondisinya baik mencapai 88 persen atau 1.063 kilometer," ujar Agus Tamim, Rabu (6/12/2023).

Ia mengatakan, perbaikan dan perawatan infrastruktur jalan juga menerapkan skala prioritas sesuai tujuan tata ruang yang menjadikan Majalengka sebagai pintu gerbang internasional berbasis industri, pariwisata dan pertanian berkelanjutan.

Pihaknya mengakui skala prioritas perbaikan dan perawatan jalan di Kabupaten Majalengka selalu menyesuaikan tujuan perencanaan tata ruang tersebut.

Pasalnya, terdapat amanat penataan ruang akses yang bagus, dan mengakomodir ketertiban kawasan industri, pariwisata, hingga pertanian di Kabupaten Majalengka.

"Sekarang ada keluhan akses jalan ke lokasi wisata sempit, kami juga tidak serta merta menindaklanjutinya, karena harus melihat intensitas orang yang datang ke sana," kata Agus Tamim.

Ia menyampaikan, investasi infrastruktur, khususnya jalan, tidak diterapkan serentak ke seluruh obyek wisata, karena harus memerhatikan jumlah pengunjung yang mendatanginya.

Hal itu untuk mengantisipasi setelah jalannya bagus, namun jumlah pengunjungnya hanya dua atau tiga orang, sehingga perlu memberlakukan skala prioritas destinasi wisata.

"Ada skala prioritasnya, jadi, obyek wisata yang didatangi banyak penjunjung akan lebih diprioritaskan kondisi akses jalannya, dibanding yang pengunjungnya sedikit," ujar Agus Tamim. 

Pewarta :Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Polres Bogor Melayani Langsung Masyarakat di Jum'at Curhat

Kab Bogor. JMI - Dalam acara rutin "Jum'at Curhat" di Polres Bogor, 23 Februari 2024 mulai pukul 08.30 sd selesai, warga ma...