WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Hari Ke-5 Sortir Pelipatan Kertas Suara KPU Subang, Ratusan Surat Suara Rusak Akan Dikembalikan Lagi ke KPU Provinsi untuk Diminta Penggantian yang Baru

Subang, JMI - Hari ke 5 KPU Subang menerima pengiriman kertas suara ke gudang KPU Subang, Bertempat di KPU SUBANG, Rabu Sore 10/1/2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang saat ini sedang melakukan proses pensortiran dan pelipatan(Sorlip) surat Suara Pemilu 2024. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan selama 5 hari dan akan dilaksanakan selama 10 hari.

Sebanyak 6.098.685 surat suara plus 2 persen surat suara cadangan yang terdiri dari Surat Suara Presiden,DPR RI, DPRD Jabar dan DPRD Subang serta DPD RI saat ini telah dilakukan penyortiran dan pelipatan oleh 1.089 orang pekerja.

Selama penyortiran yang sudah berlangsung 5 hari ini, telah selesai 2 jenis surat suara yakni surat suara DPRD Subang dan Jabar.

Gudang logistik KPU Subang

Sementara sisanya akan dikebut hingga 5 hari kedepan.Dalam proses penyortiran selama 5 hari ini ditemukan ratusan surat suara dalam keadaan rusak.

Ketua KPU Subang Abdul Muhyi kepada para awak media membenarkan terdapat ratusan surat suara pemilu 2024 dalam kondisi rusak.

“Selama proses sorlip 5 hari terakhir ini, kami menemukan  824 surat suara yang kondisinya rusak,” ujar Abdul Muhyi, saat ditemui di Gudang KPU Subang.

Lebih lanjut,"Muhyi menyampaikan Adapun surat suara yang ditemukan dalam kondisi rusak dalam 5 hari terakhir proses sorlip tersebut adalah surat surat suara DPRD Subang dan DPRD Jabar.

Ketua KPU Subang Abdul Muhyi

“Untuk surat suara DPRD Subang yang rusak terdapat lebih dari 800 surat suara, sementara untuk surat suara provinsi masih kita hitung jumlahnya, karena targetnya hari ini sorlip surat suara DPRD provinsi baru selesai pukul 16.00 nanti,” katanya

Dikatakan Muhyi, surat suara yang ditemukan rusak ini umumnya sobek dan bolong serta ada bercak tintanya.

“Surat suara yang rusak ini akan kita kembalikan ke KPU Provinsi Jabar, kemudian ditukar dengan surat suara yang utuh,” ucapnya

Sementara itu, proses sorlip surat suara di KPU Subang ini akan berlangsung selama 10 hari.

Kantor KPU kabupaten Subang

“Hari ini hari ke 5 proses sorlip, mudah-mudahan target 10 hari bisa selesai dengan melibatkan 1.000 lebih warga untuk melipat surat suara sebanyak sebanyak 6.098.685 surat suara plus cadangan 2 persen atau sebanyak 220.658 surat suara,” ungkapnya

Setelah proses sorlip selesai, KPU Subang akan langsung mendistribusikan surat suara beserta perlengkapan logistik pemilu lainnya ke 30 PPK di seluruh Kabupaten Subang.

“Paling telat 2 Minggu sebelum pencoblosan, semua logistik Pemilu 2024 sudah didistribusikan ke semua PPK di 30 kecamatan,” terangnya.

Bu Mimin pegawai Sorlip warga babakan ontang Subang

Muhyi menambahkan,"Untuk antisipasi penanganan gudang logistik kertas suara apabila hujan tiba , untuk menanggulangi kebocoran  setiap gudang sudah ada tim 2 orang untuk pengamanan,kita pantau selalu kalo hujan semua logistik kita tutup agar semua aman,"pungkasnya.

Di tempat terpisah,Bu mimin warga Babakan ontang pegawai sortir dan pelipatan  (Sorlip) kertas suara yang berada di Gudang gedung PGRI Subang mengatakan saya sudah 5 hari ini  selesai mengerjakan Sorlip kertas suara, "Ucapnya

Lebih lanjut,"Mimin menyampaikan Alhamdulillah hari ini dirinya dapat 14 Dus, yang masing masing Dus nya berisi 500 kertas suara,tiap harinya yang di kerjakan tidak sama kadang sedikit kadang banyak,"lumayan cape juga pekerjaannya,mudahan -mudahan pembayaran upahnya bisa menapkahi keluarga,"Ungkapnya.

 

Pewarta : Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

HPN 2024, Puluhan Wartawan Yang Tergabung Dalam Grobogan Network Adakan Ziarah di Makam Bupati Pangeran Ario Suenarto

GROBOGAN, JMI - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Wartawan yang tergabung dalam Grobogan Network melakuka...