WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Novaza Shinta N Anggota DPRD Subang Fraksi Nasdem Apresiasi Penyaluran Mesin Pemusnah Sampah, Hasil Kerjasama Dahana, BRIN dan Politeknik Negeri

Subang, JMI – Anggota DPRD Subang Praksi Nasdem Novaza Shinta Nawarsthu menghadiri kegiatan  penyaluran mesin pemusnah sampah (MPS)  yang di gelar oleh PT .DAHANA bekerjasama dengan BRIN dan Politeknik Negeri Subang , menyalurkan bantuan mesin pemusnah sampah (MPS) ke Pemdes Majasari melalui program TJSL CSR PT. Dahana, bertempat di Aula Desa, Kamis (25/1/2024).di lansir.jabarpress.com.

Kepala Desa Majasari Kecamatan Cibogo Hatayudin menyebut, “kaitan dengan sampah itu sedang menjadi primadona dan menjadi permasalahan di Desa alhamdulilah diberikan motivasi adanya PT Dahana yang bekerjasama dengan BRIN serta Politeknik Subang bisa terwujud melalui satu alat atau mesin pemusnah sampah (MPS-100) mudah-mudahan dengan adanya alat ini dapat bermanfaat bagi warga Desa Majasari,” ujar Kades Hata.

“Saya terima kasih Kepada PT Dahana atas Kepedulian serta menyalurkan CSR nya kepada Pemdes Majasari melalui mesin tersebut, semoga kedepan jauh lebih baik,” ucapnya.


“Kami ingin sekali ada perhatian serius dari Pihak perusahaan seperti PT Dahana ke desa Majasari, salah satu contoh Perusahaan Taekwang Industrial itu 100 % limbahnya ke Desa kami tapi ketika auden dengan PT. Taekwang memang di terima tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut bisa dikatakan tidak ada respon,” katanya.

Di tempat yang sama,"Anggota DPRD Kabupaten Subang Ir Novaza Shinta Narwasthu menjelaskan, “kami mengapresiasi kepada anak-anak Mahasiswa Politeknik Negeri Subang dalam rangka pengelolaan sampah dari CSR PT. Dahana kita patut bersyukur khususnya Desa Majasari Kecamatan Cibogo yang tidak henti-hentinya berinovasi, hal ini berkat perjuangan dari PT Dahana maupun dari yang lainnya, saya sangat bersyukur karena PT Dahana ini memang mengfokuskan untuk Kecamatan Cibogo,” jelasnya.

“Perlu kita ketahui bahwa sampah itu bukan hal yang aneh tapi sampah itu sangat menggangu kita mulai dari keindahan sehingga menyengat baunya maka dari itu saya berinisiatif bersama BRIN bagai mana kita untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sampah, dan yang utama adalah sampah rumah tangga yang paling banyak, dan disini ada edukasi bahkan disini ada yang ditunjuk menjadi penggerak-penggerak Desa mereka yang akan mengedukasikan dan yang akan mengambil sampah-sampah rumah tangga,” ucapnya.


“Berharap kedepannya sampah tersebut harus bisa dipisah dan dipilah antara sampah organik dan sampah non organik dengan adanya alat atau mesin pemusnah sampah (MPS) itu sampah organik bisa dijadikan pupuk, dan pupuk tersebut bisa di manfaatkan untuk tanaman juga bisa dijual, sementara penyaluran mesin pemusnah sampah berjalan baru di tiga Desa yakni Desa Majasari, Cibogo dan Padaasih,” terangnya.

“Saya terima kasih serta bersyukur sehingga penanganan sampah yang ada di Desa Majasari bisa terakomodir habis di tempat, berharap kedepannya bisa berkelanjutan mudah-mudahan mesin pemusnah sampah direalisasikan di setiap Rw yang ada di Desa Majasari,” bebernya.

Dosen Ketua Jurusan Teknik Mesin Politeknik Subang Aditya Nugraha S.Pd. M.MSc. mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada PT Dahana melalui program TJSL CSR Dahana dan dari BRIN, berkerjasama dengan mahasiswa, serta Dosen jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Subang.

“Kemudian jurusan teknik mesin Politeknik Negeri Subang atau yang biasa disingkat Polsub, merupakan salah satu institusi Pendidikan Vokasi di Subang yang sangat mendukung dalam setiap kegiatan inovasi, khususnya dalam membantu masyarakat disekitar Kampus Polsub,” paparnya.


“Kemudian beberapa mesin roasting kopi dengan metode Hot air, mesin pengering padi, mesin penyuir daging, dan yang terbaru adalah mesin pemusnah sampah (MPS-100). Mesin MPS-100 ini merupakan salah satu karya mahasiswa dan Dosen, kami berkolaborasi dengan BRIN serta dukungan dari PT Dahana, Berharap dengan adanya mesin ini, bisa membantu dan meringankan masalah sampah yang ada di kecamatan Cibogo khususnya umumnya di Kabupaten Subang. Saya terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini, sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Desa Majasari, Desa Cibogo dan Desa Padaasih,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Camat Cibogo Sri Novia S.IP. diwakili Sekmat Yayan Sopyan S.AP. Anggota DPRD Kabupaten Subang ir. Novaza Shinta Narwasthu Fraksi Partai Nasdem Kepala Desa Majasari Kecamatan Cibogo Hatayudin, Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Kabupaten Subang Maulana Furqon ST. MT. Ketua TJSL PT Dahana H. Eman Suherman beserta jajaran, Dosen Ketua jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Subang Aditya Nugraha S.Pd.M.MSc., Mahasiswa Poltek Subang, perangkat Desa Majasari, BPD, LPM, Kadus, RT dan RW.

 

Pewarta : Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hasil Musorkab Yag di Gelar di Laska Hotel Subang, Ujang Sutrisna Alias Ucok Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum KONI Subang Periode 2024-2029

SUBANG, JMI - Musyawarah Olahraga (Musorkab) Kabupaten Subang Tahun 2024. Ujang Sutrisna alias Ucok Resmi terpilih sebagai ketu...