WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

KPU Subang Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 dan Gelar Lomba Pembuatan Maskot Pilkada

 

Subang, JMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang menggelar Sosialisasi Pemilu Serentak alias Pilkada Serentak 2024 bersama puluhan wartawan , Bertempat di Kantor KPU Subang, Jumat (5/4/2024).

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua KPU Subang Abdul Muhyi bersama seluruh jajaran komisioner dan Kasubbag KPU Brevo dan puluhan awak media

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Subang Abdul Muhyi menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada para jurnalis yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 sehingga berjalan kondusip,"Ucapnya.

Lebih lanjut,“muhyi menyampaikan Kami sangat berterimakasih kepada semua rekan rekan media atas dukungan dan supportnya sehingga penyelenggaraan pemilu kemarin berlangsung kondusif. Kami juga mohon maaf kalau ada hal hal yang kurang berkenan,” terangnya.

Muhyi juga mengucapkan terimakasih karena berkat peran media, partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 lalu mengalami peningkatan.

“Kita bersyukur ada peningkatan partisipasi pemilih jadi 83 persen pada Pemilu 2024 kemarin, sebelumnya pada 2019 silam partisipasi pemilih di angka 82 persen. Meski kenaikannya 1 persen, tetap saja ini peningkatan, ini semua tidak terlepas dan juga berkat peran rekan rekan media,” paparnya.

Selanjutnya, Muhyi menyebut, karena Pemilu 2024 telah berakhir, kini saatnya pihaknya memasuki tahapan Pemilihan Umum Serentak alias Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Bupati/Wakil Bupati/Walikota/Wakil Walikota dan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Serentak.

“Dulu bahasanya, istilahnya Pilkada Serentak, sekarang diubah nomenklaturnya jadi Pemilihan Serentak atau Pemilu Serentak. Dan tahapannya sebetulnya sudah berjalan sejak akhir Januari 2024 lalu,” imbuhnya.

Untuk menyambut Pilkada Subang 2024 ini, pihaknya memerlukan peran serta media untuk membantu sosialisasi tahapan-tahapan pilkada ini.

“Kita sangat perlu peran dari rekan rekan media untuk publikasi dan sosialisasi tahapan pilkada itu,” katanya.

Muhyi mengungkap, ada sejumlah kegiatan yang akan segera dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian menyambut Pilkada Subang ini, diantaranya adalah lomba pembuatan maskot pilkada.

“Kita akan segera melakukan launching pelaksanaan pilkada secara berjenjang, nanti dilakukan setelah launching oleh KPU Provinsi. Selanjutnya kita akan mempersiapkan lomba pembuatan maskot pilkada,” Ungkapnya.

Sesuai PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, tahapan Pilkada serentak dimulai 26 Januari 2024 berupa perencanaan program dan anggaran. Dilanjutkan penyusunan peraturan penyelenggaraan pemilihan, 18 November 2024. Lalu Pembentukan PPK, PPS dan KPPS diagendakan 17 April s.d. 5 November 2024. Sedangkan pembentukan panitia pengawas kecamatan, pengawas lapangan dan pengawas tempat pemungutan suara ditentukan oleh Bawaslu.

Kemudian, pemberitahuan dan pendaftaran pemantau pemilihan 27 Februari s.d. 16 November 2024. Penyerahan daftar penduduk potensial pemilih 24 April s.d 31 Mei 2024. Pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilihan diagendakan 31 Mei s.d. 23 September 2024.

Adapun tahapan penyelenggaraan diawali dengan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan 5 Mei s.d. 19 Agustus 2024, pengumuman pendaftaran pasangan calon pada 24 s.d. 26 Agustus 2024, pendaftaran pasangan calon pada 27 s.d. 29 Agustus 2024, dan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus s.d. 21 September 2024.

Sedangkan penetapan pasangan calon dilakukan pada 22 September 2024 dan Pelaksanaan kampanye pada 25 September s.d. 23 November 2024.

Adapun pelaksanaan pemungutan suara (pencoblosan) pada 27 November 2024. Dilanjutkan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada 27 November s.d. 16 Desember 2024.

 

Pewarta: Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN 2 Sumedang Sukses Gelar Panen Karya

Sumedang, JMI - Bertempat di kampus sekolah menengah atas negeri 2 Sumedang Selasa 28 Mei 2024 SMAN 2 SUMEDANG menggelar panen ...