WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kepala Inspektorat Kab.Majalengka: Netralitas ASN Dalam Pilkada 2024 Sangat Penting Guna Jaga Integritas dan Kredibilitas

MAJALENGKA, JMI - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pilkada 2024 merupakan hal sangat penting untuk menjaga integritas dan kredibilitas di pemilihan serentak pada tahun ini. 

Sebagai ASN harus bisa menjaga netralitas dalam menjalankan setiap tugasnya, baik itu sebagai penyelenggara, pengawas, maupun peserta pilkada. 

Kepala Inspektorat kabupaten Majalengka, Hendra Kristiawan mengatakan, beberapa waktu lalu seluruh ASN sudah melakukan deklarasi. 

"Pertama kita sudah melakukan deklarasi. Allhamdulilah Pak Pj Bupati juga sudah mendorong kegiatan pilkada ini, ia pun meminta tim internal untuk segera melakukan deklarasi seluruh ASN, " kata Hendra ditemui awak media di Kantor Inspektorat Majalengka, Kamis 13 Juni 2024.

Yang kedua berkaitan dengan kepala desa tadi sudah disebutkan, bahwa inspektorat tidak lepas dan selalu berkoordinasi juga dengan Bawaslu Majalengka. 

"Nah, terkait kepala desa memang sudah ada yang melaporkanya kepada kami dan saat ini sudah kami tangani, " ucapnya. 

Prinsipnya adalah inspektorat tidak akan gegabah dalam menyikapi pelanggaran yang terjadi di lapangan. 

"Kami tetap akan selalu berkoordinasi terutama dengan Bawaslu, " ujarnya. 

"Terkait ASN saksi sudah jelas ya, ada di undang-undang ASN dan di peraturan pemerintah tentang disiplin pegawai dan terakhir lebih teknis ya, itu ada di SKB antara Menteri dalam negeri, KASN termasuk juga dengan Bawaslu, " menambahkan. 

Kendati demikian ia mengatakan saat ini inspektorat dengan Bawaslu sedang  berkoordinasi secara inten, kira-kira parameternya menindaklajuti adanya laporan-laporan dugaan pelanggaran. 

"Dugaan pelanggaran itu terkait kepala desa dan perangkat desa dan kami terus menerus berkoordinasi secara inten dengan Bawaslu, " tandasnya. 


Pewarta: Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

DPD IWOI Kabupaten Subang Gelar Diskusi Publik Jelang Pilkada, Jaring Kriteria Calon Pemimpin, Ketua KPU Subang Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Subang, JMI- Mendukung pelaksanan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024, Ikatan Wartawan Online ...