WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Assesment Smart City Bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika

Subang JMI - Rapat virtual Assesment (penilaian) Smart City dari Kementerian Komunikasi Dan Informatika,di buka oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten subang H. Asep.Nuroni. S. sos, M. si mewakili Bupati Subang Bertempat di ruang rapat segitiga, Rumah Dinas Bupati. Senin, 1 November 2021.

Dalam rangka program gerakan menuju Smart City, Kabupaten Subang sudah menyiapkan perihal-perihal untuk syarat memenuhi program Smart City yakni dengan mempersiapkan jaringan koneksi internet baik dari Diskominfo maupun PT. Telkom di seluruh daerah yang ada di Kabupaten Subang untuk menunjang pelayanan berbasis internet bagi para pegawai OPD dan juga masyarakat. Integrasi teknologi akan memudahkan dan mempercepat pelayanan, dimana juga terdapat juga 44 Inovasi kerja berbasis teknologi yang ada di Kabupaten Subang untuk menuju Subang Jawara Smart City. 

Sampai tahun 2021, jumlah server yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika sebanyak 9 buah, sedangkan dikelola di perangkat daerah lain berjumlah 14 buah serta titik akses internet berjumlah 118 akses yang tersebar di seluruh instansi pemerintah yang ada di Kabupaten Subang dan beberapa lokasi fasilitas Publik. 60% wilayah Kabupaten Subang sudah terkoneksi internet sementara 40% nya merupakan blindspot (hutan,bukit,dan pedalaman) namun solusi untuk mencapai 100% akan terus di lakukan.
Penilaian aspek-aspek yang dilakukan oleh perwakilan ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, secara rinci di mulai suprastruktur, struktur, SDM, Infrastruktur, infrastruktur hardware serta infrastruktur aplikasi dan kesiapan masyarakat. Dalam pemaparan akan aspek-aspek ini disampaikan langsung oleh Kepala Diskominfo serta Kabid E-Gov Kabupaten Subang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang,H. Asep Nuroni menyampaikan sambutan Bupati Subang yang ingin Subang menjadi Smart City dan diri nya sangat bersemangat atas pembangunan dan pengembangan Smart City karena merupakan konsep elektronik dalam berbagai pelayanan.

Turut hadir mendampingi secara langsung Asisten Daerah II dr. Nunung Syuhaeri, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Subang Dra. Euis Hartini M.Si, serta Kabid E-Gov Diskominfo Doan Pahlevi, sementara itu mengikuti secara virtual Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Subang Drs. Mas Indra Subhan.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...