WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tiap Tahun Pantura Subang Selalu di Genang Banjir, Untuk Atasinya Bupati Subang Lakukan Pertemuan Dengan Kepala BBWS Citarum

SUBANG, JMI - Kunjungan Kepala Balai Besar wilayah sungai (BBWS) Citarum Kementerian PUPR Ir. Bastari membahas permasalahan tiap tanun banjir pantura pamanukan dan sekitarnya, dalam kunjungan tersebut di terima langsung oleh Bupati subang H. Ruhimat,serta hadir dalam kesempatan tersebut kepala BBWS citarum Beserta jajaran, Asda ll, kadis PUPR, camat pamanukan, Danramil, serta perwakilan tokoh masyarakat, Bertempat di Kantor Kecamatan Pamanukan. Selasa (2/11/2021).

Dalam Kunjungannya tersebut dalam rangka pertemuan untuk membahas langkah-langkah penanganan banjir yang sering terjadi di Subang Utara dikala musim hujan dimulai.

H. Herman salah satu tokoh masyarakat Subang utara menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai inisiatif bersama para masyarakat untuk menanggulangi banjir. Dirinya menyampaikan, salah satu usaha yang akan mereka kerjakan adalah mengeruk sungai yang ada di desa muara serta perbaikan tanggul yang jebol.

Untuk membantu penanggulangan tersebut, H. Herman Meminta bantuan kepada BBWS untuk menurunkan alat pengeruk amfibi ke desa muara untuk pengerukan sungai cipunagara. Dengan pengerukan aliran air akan lebih cepat menuju laut.

Dirinya juga meminta untuk diikut sertakan dalam kajian sehingga dapat memberikan masukan dalam perencanaan.

Kepala Balai BBWS Kementerian PUPR Ir. Bastari menyampaikan bahwa Banjir merupakan salah satu bencana yang menjadi perhatian menteri. Dirinya menyampaikan bahwa BBWS telah melakukan berbagai solusi salah satunya adalah dengan dibangunnya bendungan Sadawarna yang berada di Kec. Cipunagara. 
Menurut kajian yang dilakukan, dengan adanya bendungan Sadawarna, akan mampu mengurai potensi banjir sebesar 10%.
Selain itu, dirinya menyampaikan, BBWS akan bekerja sama dengan Korea untuk mengatasi banjir Subang. Menanggapi keinginan H. Herman, Ir. Bastari akan mengirimkan amfibi superlong pada tanggal 3 November 2021.

Bupati Subang H. Ruhimat mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yg memiliki inisiatif untuk membantu permasalahan yang ada di kab. Subang, salah satunya mengatasi banjir. Dirinya menyampaikan bahwa APBD yang ada, jika tanpa adanya bantuan dari pusat, maka tidak akan mampu untuk mengatasi permasalahan banjir.

Dirinya berharap, dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat, akan mampu mengatasi permasalahan banjir di Subang Utara.

 H. Ruhimat menyampaikan, bahwa pemerintah Kab. Subang telah melakukan berbagai hal untuk mengatasi permasalahan banjir, yaitu dengan melaksanakan normalisasi sungai di tegalurung dan blanakan.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jalan Penghubung Butuh Perhatian PemKab dan PemProv Gorontalo

Gorontalo JMI , Masyarakat Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo mengeluhkan dari tahun ketahun bahkan sampai dengan saat ...