WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Penambang Temukan Berlian Pink Termewah Di Dunia


JAKARTA, JMI
-- Penambang di Angola menemukan sebuah berlian merah muda besar yang mungkin terbesar dari jenisnya dalam 300 tahun terakhir. Berlian merah muda dilaporkan memiliki berat 170 karat.

Berlian ini sedikit lebih kecil dibandingkan berlian Daria-i-Noor, berlian merah muda terbesar di dunia yang saat ini menjadi bagian dari Permata Nasional Iran. Berlian tersebut diperkirakan memiliki berat 182 karat. 

Menurut pernyataan dari Lucapa Diamond Company, yang memiliki Lulo dan satu tambang berlian lainnya di Angola, berlian baru tersebut diberi nama "Lulo Rose". Nama itu diambil dari tambang Lulo, tempat berlian itu  ditemukan. 

Dilansir dari Live Science, Jumat (29/7/2022) sebanyak 27 berlian dengan berat lebih dari 100 karat telah ditemukan oleh operasi penambangan Lulo sejak 2015. Di sana juga pernah ditemukan berlian terbesar yakni "Batu 4 Februari" 404 karat, yang dijual seharga 16 juta dolar AS pada 2016.

Berlian terbesar kelima yang ditemukan di Lulo, The Lulo Rose, diperkirakan akan memiliki harga yang lebih tinggi. Berlian merah muda relatif jarang. Para peneliti masih tidak yakin tentang proses yang memberi warna mawar pada batu-batu ini. 

The Pink Star, berlian merah muda kasar 132 karat, ditemukan oleh penambang Afrika Selatan pada tahun 1999. The Pink Star, berlian paling mahal yang pernah dijual, dibuat selama hampir dua tahun oleh para profesional yang secara bertahap menggiling dan mengiris batu. The Pink Star dilelang pada tahun 2013 dengan harga sekitar 83 juta dolar AS.

Lulo Rose juga perlu diolah dari ukurannya yang besar, yang dapat menyebabkan beratnya berkurang sebanyak 50 persen.  Batu merah muda ini mungkin akan membuat rekor penjualan barunya sendiri, bahkan jika Lulu Rose dirampingkan menjadi 85 karat.

Sejak kapan berlian digunakan?

Sejak 2500 SM orang telah membeli dan menjual berlian. Penampilan mereka yang cemerlang dan kelangkaan yang luar biasa membuat berlian ini menjadi simbol status yang dicari yang hanya dapat dibeli oleh orang-orang terkaya di dunia selama ribuan tahun.

Ketika endapan karbon terkena panas dan suhu yang intens di bagian dalam Bumi, berlian tercipta di kedalaman Bumi. Berlian umumnya terbentuk 160 km atau lebih di bawah permukaan Bumi.

Beberapa berlian mungkin muncul selama letusan gunung berapi, sebagian besar sekarang ditemukan oleh operasi penambangan global. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada tahun 2018 oleh Human Rights Watch nirlaba, penambangan berlian telah dikaitkan dengan penggusuran masyarakat adat, eksploitasi pekerja, polusi, dan pelanggaran hak asasi manusia. 

 

Setiap tahun, sekitar 90 juta karat berlian kasar ditambang untuk perhiasan, menghasilkan lebih dari 300 miliar dolar AS di seluruh dunia.

 

RPBLK/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ferdi Sambo dan Bharada E Akan di Periksa Komnas HAM di Mako Brimob

JAKARTA, JMI - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan Komnas HAM akan memeriksa Bharada E dan Irjen Pol. Ferdy Sambo di M...