WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Buka Lomba Rampak Bedug Piala Bupati Cup 2023 di Halaman Radio BENPAS Subang

 

Subang, JMI - Bupati Subang menghadiri sekaligus membuka Lomba Rampak Bedug Piala Bupati Cup dalam Rangka Milangkala Ka - 75 Kabupaten Subang, bertempat di Halaman Radio Benpas Subang, Kamis 25 Mei 2023.

Lomba tersebut diikuti 45 grup yang berusia 17 tahun ke atas (dewasa) yang diikuti oleh perwakilan tiap kecamatan, dan masyarakat umum.

Iwan Rudianto Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Subang selaku ketua panitia melaporkan lomba ini diadakan oleh inisiasi Bupati Subang H.Ruhimat yang terinspirasi dari Lomba Rampak Bedug yang pernah diadakan di Kecamatan Purwadadi. Iwan pun menuturkan kegiatan tersebut non budgeter, atau tidak menggunakan PAD, yang dana nya berasal dari gotong royong pihak sponsorhip,"imbuhnya.

Iwan menuturkan, Kegiatan lomba tersebut bertujuan untuk meneruskan warisan kebudayaan, serta memberi variasi kegiatan keagamaan yang menarik bagi generasi muda agar gemar ke masjid,"tuturnya.


Dalam sambutannya Bupati Subang H.Ruhimat menuturkan rampak bedug telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Tradisi ini merupakan strategi dakwah dari wali songo, khususnya Sunan Kalijaga untuk mempercepat penerimaan masyarakat terhadap agama islam.

“Saat itu saya menyaksikan langsung lomba bedug di Kecamatan Purwadadi, dan menilai hal ini sangat positif, terlebih dengan kemajuan teknologi, ada dampak negatif di samping dampak positifnya. Mudah-mudahan ini menjadi langkah yang lebih baik untuk mengimbangi dunia yang semakin canggih. Semoga dengan kegiatan rampak bedug yang ada di masjid, saat datang waktu sholat, mereka juga beribadah.” Harapnya.

Bupati Ruhimat berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menguatkan kebersamaan dan gotong royong serta mempererat tali persaudaraan dalam mewujudkan Subang Jawara (Jaya, Istimewa, Sejahtera).


Bupati juga menghaturkan ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Subang yang telah memberikan dukungan terhadap pencapaian program Jawara serta raihan-raihan prestasi yang dicapai oleh Kabupaten Subang.

“Saya memohon maaf apabila masih banyak pr yang belum terselesaikan. Insyaa Allah saya akan berusaha agar seluruh program-program yang belum tercapai bisa diselesaikan dengan baik. Mohon doanya agar kami bisa mewujudkan cita-cita kita bersama” Tutup Bupati Subang H.Ruhimat.


Usai menyampaikan sambutannya Bupati Subang H.Ruhimat  meresmikan pembukaan lomba tersebut dengan pemukulan bedug didampingi Dandim 0605 Subang, Wakapolres Subang, dan Kasi Bintal Lanud Suryadarma.

Hadir pada kegiatan tersebut,para camat, Asisten Daerah, Staf Ahli, Jajaran Diskominfo, para kepala dinas, perwakilan organisasi islam, dan masyarakat lainnya.

 

Pewarta: Agus Hamdan
Editor: Saddam Al-Khadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Puluhan Pengacara Bakal Layangkan Somasi Atas Pelayanan Buruk RS Hamori Terhadap Pasien Korban Amuk Massa Ormas

Subang JMI – Seorang pasien di Rumah Sakit (RS) Hamori Kabupaten Subang mengeluhkan pelayanan saat menjalani perawatan selama beberapa ha...