WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Lari Pagi 30 Menit Sehari, Bisa Sehatkan Otot-Tulang-Jantung

Jakarta, JMI - Lari adalah salah satu olahraga favorit yang umumnya dilakukan pada pagi hari antara pukul 6-8 pagi. Lari di pagi hari membantu tubuh menyerap lebih banyak oksigen sehingga semua otot, jaringan, dan sel akan menerima nutrisi yang optimal.

Meski dilakukan dalam durasi singkat, lari pagi diketahui menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berolahraga/berlari 30 menit sehari juga bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan jika dilakukan secara teratur 3-5 hari seminggu. Melansir laman Kemenkes, berikut manfaat kesehatan dari lari, olahraga paling mudah dan murah yang punya segudang manfaat bagi tubuh Anda.

1. Menjaga Kekuatan Otot

Berlari di pagi hari dapat membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak oksigen. Dengan demikian, seluruh otot, jaringan, dan sel tubuh Anda akan menerima nutrisi yang optimal. Selain itu, kadar hormon pembentuk otot seperti testosteron pun memuncak di pagi hari. Jadi saat Anda berolahraga di pagi hari, massa otot akan meningkat dengan cepat. Olahraga ringan seperti lari juga bantu menjaga fleksibilitas otot serta kinerja dan daya tahan otot.

2. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Seiring bertambah usia, kondisi kepadatan tulang akan menurun bahkan bisa menyebabkan pengeroposan atau retak. Kondisi yang dikenal sebagai osteoporosis ini disebabkan oleh menurunnya kemampuan tubuh dalam meregenerasi tulang, sehingga kepadatan tulang berkurang.

Melansir laman Kemenkes, penurunan kemampuan regenerasi ini biasanya akan dimulai saat seseorang memasuki usia 35 tahun dan kebanyakan dialami oleh perempuan. Namun bukan berarti hal ini tak dapat terjadi pada laki-laki, atau mereka yang berusia lebih muda.

Adapun salah satu cara yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang adalah dengan berlari. Kegiatan ini dapat bantu meningkatkan kekuatan tulang. Lari bantu menahan beban, yang artinya kekuatan tubuh Anda terhadap tanah saat berlari bantu menjaga tulang tetap kuat.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berlari 30 menit secara rutin di pagi hari juga bermanfaat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kemenkes menyebutkan lari dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga mencegah seseorang terkena penyakit jantung koroner.

Saat berlari, detak jantung Anda meningkat seiring intensitas olahraga yang dilakukan. Hal ini tentu meningkatkan jumlah darah yang mengalir melalui jantung Anda serta meningkatkan oksigen ke seluruh bagian tubuh Anda sehingga kesehatan jantung dari waktu ke waktu dapat terjaga.

4. Membakar Kalori Tubuh

Lari merupakan olahraga tercepat bagi Anda yang ingin membakar kalori. Saat berlari, otot-otot di tubuh Anda akan menggunakan energi yang berasal dari simpanan karbohidrat dan gula tubuh sehingga lemak akan terbakar dan berat badan akan turun secara cepat.

Namun, hal ini hanya efektif dilakukan jika Anda memperhatikan sejumlah faktor. Beberapa di antaranya ialah kecepatan lari. Semakin intens kecepatan berlari Anda, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar dalam waktu yang lebih singkat begitupun sebaliknya.

Berlari di medan yang terjal juga dapat membakar kalori lebih banyak karena menggunakan lebih banyak energi jika dibandingkan dengan berlari di jalur yang datar.

Nah, itu dia sederet manfaat lari di pagi hari untuk kesehatan tubuh, terutama otot, jantung, dan tulang. Selain dengan rutin lari pagi, penting juga bagi Anda untuk menjaga nutrisi harian demi menyeimbangkan kesehatan dengan mengonsumsi Entrasol Platinum.
Entrasol PlatinumFoto: Kalbe

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, Anda bisa mengonsumsi Entrasol Platinum yang tinggi protein, tinggi kalsium, dan diperkaya dengan ekstrak buah zaitun yang memiliki kandungan zat aktif hydroxytyrosol sebagai antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas 4x lebih kuat dibandingkan vitamin C yang mampu bersinergi untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan jantung. Selain itu, Entrasol Platinum juga rendah laktosa, sehingga nyaman di perut.

Dengan minum Entrasol Platinum 2x baik sesudah dan sebelum olahraga, Anda bisa dapatkan manfaat optimal untuk kesehatan tubuh agar dapat tetap aktif dan fit seiring bertambahnya usia.

 

Sumber: Detik.com
Editor: Saddam Al-Khadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jokowi Tinjau Pembangunan Istana di IKN, Masih Sesuai Target

Jakarta, JMI - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan anggaran untuk pembangunan sejumlah infrastruktur dasar di Ibu Kota Negara (IK...