WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Harga minyak turun, pasar ragukan kesepakatan produsen

ilustrasi
New York, JMI - Harga minyak dunia turun pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena pasar mengambil pandangan yang lebih skeptis atas pembicaraan para produsen untuk membatasi produksi yang telah mengangkat harga awal pekan ini.

Patokan Amerika Serikat, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret, turun 1,13 dolar AS menjadi berakhir pada 29,64 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April, turun 1,27 dolar AS menjadi ditutup pada 33,01 dolar AS per barel di perdagangan London.

Harga minyak membukukan reli yang kuat pada Rabu dan Kamis pagi menyusul pembicaraan oleh produsen-produsen utama tentang kesepakatan potensial untuk membatasi produksi dalam menanggapi kejatuhan harga.

Arab Saudi dan Rusia sepakat untuk membekukan produksi jika produsen-produsen lain mengikutinya. Iran menyatakan dukungan luas untuk inisiatif tersebut, tapi menolak persetujuan untuk membatasi produksi.

Para analis mengatakan pasar telah bergeser dari pandangan antusiasme di awal menjadi lebih bersikap "show-me".

"Kami benar-benar harus menunggu dan melihat apakah OPEC benar-benar akan membekukan produksi atau apakah itu hanya pembicaraan selama seminggu lalu," kata Andy Lipow dari perusahaan konsultan Lipow Oil Associates.

Tim Evans, analis di Citi Futures, mengatakan pasar telah mengadopsi lebih banyak "pandangan jernih" negosiasi-negosiasi.

"Dalam hal produksi, itu benar-benar berarti status quo yang meninggalkan surplus besar di tempat," kata Evans.

"Ini mungkin menandai beberapa peningkatan minat dialog para produsen yang dapat menyebabkan hasil kemudian, tetapi pada tahap ini kita harus mencatat itu adalah spekulasi, bukan dukungan yang handal."

Analis mengatakan sentimen juga diperlemah oleh data persediaan minyak AS yang dirilis Kamis, yang menunjukkan peningkatan 2,1 juta barel pada persediaan komersial AS, bersama dengan peningkatan cukup besar dalam bensin dan produk lain.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Laka Kerja di Sukabumi, Korban Buat Surat Pernyataan Dengan Pihak Perusahaan

SUKABUMI, JMI - Satu Orang Buruh Alami Laka Kerja Diketahui Bekerja di   PT. Aneka Dasuib Jaya Yang Beralamat di Jln Raya Pakuwon Km 5 Rt...