WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kisah Roin, Bocah yang Merantau dan Hidupi Keluarga dari Siomay Bakar

Klaten, JMI - Raut muka Roin berseri. Sesekali, dia mengotak-atik kompor dan gerobak dagangannya sambil menunggu pelanggan yang sudi membeli siomay bakar jajaannya.

Ya, bocah lelaki seusia SD itu adalah penjual siomay bakar. Tiap hari dia menjajakan dagangannya di sekitar Desa Ngemplak Seneng, Manisrenggo, Klaten.

Sama dengan penjual siomay pada umumnya, Roin membawa barang dagangannya dengan cara dipikul. Bila tempat dagangannya jauh, biasanya dia diantar oleh sang majikan.

Roin bukan asli warga Ngemplak Seneng. Dia adalah pendatang dari Brebes yang ikut juragan siomay bakar asal Brebes yang lebih dulu mapan di Klaten.

Roin tak sendiri karena ada tujuh orang lainnya yang juga ikut sang juragan.

"Yang di rumah sekarang ada enam orang," tuturnya, Kamis (4/2/2016).

Roin disebut pemalu. Dalam melayani pembeli, dia sering menundukkan kepala, dan akan menjauh bila ditanyai orang yang kurang familiar baginya.

"Anaknya memang begitu, agak pemalu," ungkap Turadi, warga sekitar yang sering melihat Roin berjualan.

Di Ngemplak Seneng, Roin dengan tujuh kawannya tinggal serumah dengan juragan Wagi. Namun, menurut dia, kini yang tinggal di rumah tinggal enam orang. Satu orang lainnya sedang pulang ke kampung karena orangtuanya meninggal.

Yatim

Saat kebanyakan anak seusianya tengah asyik bermain dan bersekolah, Roin harus berjibaku mengais rezeki untuk mencukupi kebutuhan ibu dan adiknya. Sedari kecil, dia sudah menjadi yatim.

Roin lahir dari keluarga sederhana dari kampung Citimbang, Salem, Brebes. Dia adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Karena himpitan ekonomi, Roin dan kedua kakaknya tak bisa menikmati bangku sekolah.

"Aku hanya sampai kelas 4 SD," ungkap Roin.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bulog dan PT.PSI Gelar Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi On Farm

Karawang, JMI - Perum Bulog bekerja sama dengan PT. Padi Sehat Indonesia (PT. PSI) menggelar ‘Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi on Farm’ b...