WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Alat berat disiapkan, pemukiman di Luar Batang segera dibongkar

Jakarta, JMI - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan siap melakukan penertiban permukiman liar yang ada di perairan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Penertiban ini dilakukan agar pembangunan dinding turap sebagai rangkaian program penanggulangan banjir dapat berjalan.

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan pihaknya siap melakukan pembongkaran pada tanggal 9 sampai 15 April 2016. Selain itu, 10 alat berat long arm dan 10 alat berat amphibi juga sudah disiapkan untuk menertibkan hunian kumuh yang berada di sekitar Masjid Luar Batang itu.

"Kami siapkan 10 alat berat long arm dan 10 alat berat amphibi untuk melakukan penertiban. Sesuai prosedur akan ditertibkan 9-15 April, kita langsung keruk dan dibangun sheet pile (dinding turap) total," kata Teguh saat dihubungi, Kamis (31/3).

Ternyata selain Luar Batang, ada 2 lokasi lain yang akan ditertibkan, yakni permukiman yang ada di Kamal Muara dan Kali Blencong Marunda. Khusus untuk Luar Batang, pembangunan sheet pile akan dilakukan sepanjang 1,8 KM.

Selain dinding turap, pembangunan tanggul pengaman pantai fase A juga akan digarap. Pembangunan tanggul dan sheet pile ini akan dilakukan oleh Kementerian PU dan Pemda DKI Jakarta.

"Sheet pilenya saat ini sudah masuk proses lelang, kita harus segera kerjakan, kalau tidak kawasan utara tersebut dipastikan rawan kena banjir rob," jelasnya.

(daeng/mrd/red)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Prof H Amran Suadi Optimis Kaspudin Nor Lolos Menjadi Dewas KPK

JAKARTA, JMI – Sebanyak 146 calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dinyatakan lolos pada seleksi admi...