WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Derita Warga Cianjur, Menunggu Jembatan Rusak Diperbaiki dan Terpaksa Naik Rakit

SENIN 25 JULI 2016 | 10:25 WIB
Foto: alamsyah
Cianjur, JMI - Kondisi jembatan Panyindangan satu-satunya penghubung antara warga Desa Kertajadi di Kecamatan Cidaun dan Desa Mekarsari di Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sudah memprihatinkan.

Selain tembok penahan sudah mulai retak, kayu sebagai alas pijakan pun sudah mencuat ke atas membuat jembatan gantung itu tinggal menunggu waktu untuk putus. Karena tak bisa lagi dipakai, warga terpaksa memakai rakit sebagai alternatif melintasi sungai Cidaun yang membentang selebar 80 meter itu.

Sekretaris Desa (Sekdes) Kertajadi, Ujang Sutisna kepada detikcom menyebut jika proses usulan sudah dilakukan, usulan itu bahkan bersifat kedaruratan bencana bukan lagi usulan program standar untuk pembangunan desa.

"Ini sarana warga pak, bukan lagi pembangunan program makanya usulan kita masukan kedaruratan ke Pemkab Cianjur. Ada ratusan warga saya yang setiap harinya melintasi jembatan itu untuk mengakses pendidikan, ekonomi dan kesehatan," ungkap Ujang ketika dihubungi detikcom, sekira pukul 07.15 WIB, Senin (25/7/2016).

Menurut Ujang, pengajuan kedaruratan sudah di usulkan sejak jauh-jauh hari namun ternyata belum ada realisasi perbaikan untuk jembatan gantung itu.

"Pernah ada yang ngukur-ngukur dari pihak dinas, namun sampai saat ini belum ada gerakan apa-apa. Padahal warga sudah sangat membutuhkan jembatan itu pak, Ya Allah bapak liat sendiri kalau pagi anak-anak sekolah yang melintas sepatunya pada basah," lanjut Ujang.

Tak hanya Pemkab Cianjur, usulan penanganan kedaruratan jembatan bahkan sudah dimasukan ke pihak provinsi. Namun lagi-lagi tidak ada jawaban atau kepastian yang diterima pihak desa

"Yang pasti upaya sudah kita lakukan maksimal, kita tidak diam saja. Saat ini hanya rakit sebagai satu-satunya sarana alternatif dan itupun adalah inisiatif karang taruna desa," tandas dia.

Seperti diberitakan, Jembatan gantung itu merupakan penghubung antara Desa Kertajadi di Kecamatan Cidaun dan Desa Mekarsari di Kecamatan Naringgul. Kedua wilayah itu masih berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kondisi jembatan yang memprihatinkan membuat warga terpaksa menggunakan rakit untuk menyeberang sungai.

(Aceng/jmi/dtk)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Laka Kerja di Sukabumi, Korban Buat Surat Pernyataan Dengan Pihak Perusahaan

SUKABUMI, JMI - Satu Orang Buruh Alami Laka Kerja Diketahui Bekerja di   PT. Aneka Dasuib Jaya Yang Beralamat di Jln Raya Pakuwon Km 5 Rt...