WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kades Purwajaya Merasa Lega Setelah DD Terealisasikan

KAMIS 21 JULI 2016 | 11:15 WIB
Rabat Beton sepanjang 200 M yang terletak di gang Komar Dusun Sindang Rasa Desa Purwajaya
Ciamis, JMI - Untuk mensejahtrakan masyarakat pemerintah pusat telah menurunkan program Dana Desa (DD) tahun anggaran 2016 untuk kebutuhan bidang sarana dan prasarana di setiap desa, khususnya untuk Desa. Purwajaya Kecamatan. Purwadadi Kabupaten. Ciamis Provnsi. Jawa - Barat, dimana pemerintah desa purwajaya telah merealisasikan DD untuk infrastruktur sesuai dengan petunjuk pelaksana dan teknis (JUKLAK & JUKNIS). 

Abdul Kholid Nasrulah
Kepala Desa Purwajaya

Seperti halnya apa yang disampaikan Kades Purwajaya. Abdul Kholid Nasrulah Kepada Koran JMI (11/7) diruang kerjanya, saat itu didampingi oleh Ketua Tim Penggerak Kegiatan (TPK). Irwan Binasir dan Bendahara Desa. Elis Merindah, menurutnya bahwa program DD untuk tahun anggaran 2016 di desa purwajaya telah direalisasikan di 4 (Empat) dusun, diantaranya; Dusun. Sindangsari Dusun. Sindangkasih Dusun. Sindangrasa dan Dusun. Panineungan, untuk dusun sindangrasa mendapat tambahan satu bangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 214 Meter. Adapun pembangunan rabat beton di desa purwajaya dikerjakan di 4 (Empat) dusun, terdiri di beberapa Jalan Gang yang jumlah panjangnya mencapai puluhan ribu meter, salah satunya di Dusun. Sindangrasa Gg. Komar lebih kurang sepanjang 200 m, lebar 2 m dan tebal 10 Cm. Jelasnya. Masih menurut Kholid, dari total anggaran yang bisa dicairkan untuk termen pertama 60% (Persen) atau sejumlah Rp 600.000.000; (Enam Ratus Juta Rupiah), lebih lanjut Ketua TPK. Irwan Binasir menjelaskan tentang program pemerintah semua bisa berjalan lancar tidak lepas dari peran Kades. Abdul Kholid Nasrulah yang selalu koordinasi secara terbuka dan transparan dengan perangkat, terlebih dengan masyarakatnya hingga program DD yang ada di desa purwajaya berjalan lancar. 

Dalam pelaksanaannya program DD sudah barang tentu pemerintah desa selalu melibatkan masyarakat, karena adanya kerja sama yang baik dengan masyarakat akan membawa hasil pembangunan yang baik juga. Ucapnya. 

Menurut penuturan Tokoh Pemuda desa purwajaya sebut saja Tofa kepada Koran JMI belum lama ini, Abdul Kholid Nasrulah yang baru menjabat sebagai kades purwajaya 2 (dua) tahun berjalan sudah banyak mendapat pujian karena manfaat kemajuannya desa banyak dirasakan masyarakat, sementara jiwa kepemimpinannya patut untuk ditiru dan pantas diacungi jempol, hal yang sama juga diceritakan oleh Tokoh Masyarakat desa purwajaya yang sering dipanggil Mbah. Komarudin kepada warga sewaktu mengadakan kegiatan pengecoran rabat beton didepan rumahnya, ia cerita pengalaman tentang pemerintah desa di era tahun 80 an, dulu kalau pemerintah desa akan membangun infrastruktur semua merasa bingung baik pemerintah desa maupun masyarakatnya, tidak akan bingung bagaimana.? Pasalnya dana di anggarkan dari Urunan Desa (URDES) yang sudah dimusyawarahkan terlebih dahulu dan disesuaikan dengan kebutuhan, intinya cukup membebankan warga masyarakat karena pungutan URDES bisa mencapai 3 (tiga) atau 4 (empat) kali lipat dari pokok Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). 

Oleh karena itu dengan adanya program DD tahun anggaran 2016 ini kita sebagai warga masyarakat wajib bersyukur, pemerintah desa dalam membangun rabat beton untuk jalan gang di setiap dusun bukan berarti tidak ada rintangan, jelasnya ada, karena puluhan tegakan pohon kelapa dan tanaman tahunan milik warga di kanan kiri Jalan Gang yang akan dibangun harus di tebang, namun karena kepiawaiannya semua bisa teratasi dengan cara memberi pemahaman terlebih dahulu dan pendekatan secara presuasif hingga warga masyarakat pun merasa legowo, dasarnya pembangunan jalan rabat beton itu untuk kemajuan lingkungan, dari lingkungan oleh lingkungan untuk lingkungan. Tuturnya.

Dari penuturan salah satu Tokoh Agama desa purwajaya yang enggan namanya di sebutkan juga ikut urun rembug, titip pesan dan sekaligus wanti-wanti sekali kepada kades yang sedang menjabat di desa purwajaya, jadilah pemimpin yang bertanggung jawab, seraya mengucapkan terima kasih Kepada Kades Purwajaya (Abdul Kholid Nasrulah), Ketua TPK (Irwan Binasir) dan Ketua LPM (Sudiwarno) yang telah menjalankan tugas pemerintah secara baik dan amanah, selain itu juga diucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten karena adanya program DD tersebut sangat menunjang dan bisa dirasakan bagi masyarakat. Untuk kedepannya diharap kepada pihak terkait supaya menurunkan lagi program tersebut, Harapnya.T

(T.Fauzi/jmi/red)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Laka Kerja di Sukabumi, Korban Buat Surat Pernyataan Dengan Pihak Perusahaan

SUKABUMI, JMI - Satu Orang Buruh Alami Laka Kerja Diketahui Bekerja di   PT. Aneka Dasuib Jaya Yang Beralamat di Jln Raya Pakuwon Km 5 Rt...