WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kereta nirmasinis Bandara Soekarno-Hatta dikerjakan perusahaan lokal

SELASA 09 AGUSTUS 2016 | 13:12 WIB
Suasana Bandara Soeta Tangerang, Banten.
Jakarta, JMI - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peserta tender kereta tanpa masinis Bandara Soekarno-Hatta seluruhnya adalah kontraktor nasional. Kereta nirmasinis atau automated people mover system (APMS) ditargetkan selesai Maret tahun depan.

"People mover kita sudah lakukan tender, semua kontraktor nasional," jelas Menhub Budi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (9/8).

Menurutnya, nilai proyek untuk membangun APMS ini sebesar Rp 1,1 triliun. Proses pembangunan APMS ini akan menggunakan teknologi dari Korea Selatan.

"Kita akan selesaikan pada Maret 2017 (penyelesaian keseluruhan terminal 3 ultimate), bersamaan itu juga selesai people mover," pungkasnya.

Sistem ini akan menggunakan teknologi sinyal modern tanpa awak atau communication based train control (CBTC Driverless) dengan panjang lintasan 2,98 Km untuk melayani 5 terminal di Bandara Soekarno Hatta dengan operasi landside.

APMS menggunakan jenis kereta automated guided transport (AGT) denga tipe side guided. Salah satu jenis LRT ini akan beroperasi dengan 3 trainset dengan konfigurasi masing-masing 2 cars berkapasitas 2.100 penumpang per jam per arah (pphpd).

Pengerjaan proyek ini dilakukan dengan model design and build melalui konsorsium bersama perusahaan Woojin, asal Korea Selatan. PT LEN akan fokus mengerjakan sistem CBTC Driverless, telekomunikasi, dan power substation (kelistrikan). (mrd/red)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Laka Kerja di Sukabumi, Korban Buat Surat Pernyataan Dengan Pihak Perusahaan

SUKABUMI, JMI - Satu Orang Buruh Alami Laka Kerja Diketahui Bekerja di   PT. Aneka Dasuib Jaya Yang Beralamat di Jln Raya Pakuwon Km 5 Rt...