WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mau Jadi Hakim Agung? Ayo Daftar ke Sini!

Komisi Yudisial front
Jakarta, JURNALMEDIAIndonesia.com - Komisi Yudisial (KY) kembali menerima usulan calon hakim agung (CHA) 2017. Ini sebagai seleksi untuk mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA).

Juru bicara KY Farid Wajdi menyatakan pembukaan seleksi hakim agung mengacu kepada surat Wakil Ketua MA Non- Yudisial Nomor 02/WKMA-NY/2/2017 tertanggal 8 Februari 2017 tentang Tambahan Hakim Agung Tahun 2017.

“Enam hakim agung yang dibutuhkan, adalah untuk kamar pidana sebanyak satu orang, kamar perdata dua orang, kamar agama satu orang, kamar militer satu orang dan kamar tata usaha negara satu orang, yang memiliki keahlian hukum peepajakan ” kata Farid, di Jakarta, Selasa (7/3).

Menurut Farid, berdasarkan hasil Rapat Pleno KY, Senin (27/2), KY membuka kesempatan kepada MA, pemerintah, dan masyarakat untuk mengajukan usulan CHA, yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CHA Tahun 2017.

“Bagi yang berminat dapat mengakses melalui website KY di www.komisiyudisial.go.id. Proses pengajuan usulan dibuka selama 15 hari, mulai dari 8-29 Maret 2017.”

Usulan tersebut ditujukan kepada Komisi Yudisial RI up Sekretariat Panitia Seleksi Calon Hakim Agung RI atau dapat diantar langsung atau disampaikan melalui pos ke KOMISI YUDISIAL REPUBLIK INDONESIA, Jalan Kramat Raya No. 57, Jakarta Pusat 10450 Telp: (021) 31903730 Fax: (021) 3905876-77/31903661, paling lambat 29 Maret 2017 pukul 16.00 WIB (stempel pos).

INTEGRITAS

Farud menjelaskan dalam mencari enam CHA, KY menekankan pada aspek kapasitas dan integritas calon, mengingat hakim agung merupakan jabatan mulia yang berperan penting dalam mewujudkan peradilan yang bersih dan agung.

“Para CHA akan menjalani serangkaian tahapan, mulai seleksi administrasi, seleksi kualitas, seleksi kesehatan dan kepribadian, serta wawancara terbuka. Terakhir, KY akan mengusulkan pengangkatan hakim agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan.”
(Pos Kota) (ahi)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bacabup Bambang Pujiyanto Resmikan Posko Pemenangan Kober Delapan Dalam Persiapan Pilkada 2024

GROBOGAN, JMI - Bakal Calon Bupati (Bacabup) dr.Bambang Pujiyanto yang akrab dipanggil Pak Totok meresmikan posko sengkuyung pemenangan y...