WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Resmi Melaunching 3 Desa Digital di Kantor Permata Galuh Subang

SUBANG, JMI -- Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si melaunching "Desa Digital menuju Subang Jawara"  bertempat  di Kantor Permata Galuh Jl. Emo Kurniaatmadja BTN Ciheuleut 5A No. 47 Subang, Senin (7/10/2019).

Desa digital yang dilaunching pada hari ini sebanyak  3 desa yaitu Desa Cirangkong, Desa Bantarsari dan Desa Cupunagara.

Acara dihadiri oleh Bupati Subang Ruhimat, Unsur Forkopinda, seluruh OPD, Raja Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi, Rama Agung Galuh Pakuan Brigjen Ahmad Saefudin, Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat /Pusat layanan digital Provinsi Jawa Barat Setiaji, ST., M.Si, Kepala Desa, dan para Camat se-Kabupaten Subang, perwakilan dari Pemprov Jabar, Kemenkominfo, Kemendagri Kemendes, Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Telekomunikasi Internet (BAKTI).

Sambutan Rama Agung, Dewan Karamaan LAK Galuh Pakuan Ahmad Saefudin menyampaikan dengan dilaunchingnya desa digital  dapat mewujudkan kemandirian dan kedaulatan masyarakat desa. Diharapkan dengan desa digital ini, semua aspek kehidupan di desa dan di kota bisa terjadi adanya transformasi informasi, mulai dari ekonomi, politik, hukum, budaya, sosial dan pendidikan, pertanian, serta kesehatan, bisa lebih mudah didapat. Sehingga masyarakat desa kedepan tidak lagi tertinggal oleh informasi yang telah dan sedang terjadi di daerah terluar, sekaligus dengan adanya "Desa Digital" ini masyarakat desa bisa melek, mandiri, dan berdaulat.
Pandu desa digital ini merupakan kerjasama antara Badan Aksesibilitas Tekhnologi Informasi (BAKTI) dengan Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) termasuk Kementerian Komunikasi, PT Adyawinsa, PT Icon Plus dan Informatika (Kemkominfo)

Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan desa digital merupakan salah satu prioritas unggulan Pemprov Jabar dalam rangka meningkatkan penduduk desa supaya berkembang dan lebih produktif. 

Saya berharap dengan dilaksanakannya launching desa digital maka wawasan masyarakat dalam dunia iptek lebih  terbuka, sehingga masyarakat bisa mengembangkan kemampuan diri dan lebih kompetitif, sehingga tujuan kita bersama Subang Jawara (jaya, istimewa, sejahtera) dapat kita wujudkan.

Bupati Subang berharap kegiatan ini bukan sebatas  launching tetapi akan dilaksanakan secara berkelanjutan, untuk itu kepada Diskominfo agar dapat menindaklanjuti, apa yang telah dilakukan.

Dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang tentang pengelolaan dan pengembangan sistem informasi desa (SID) di Kabupaten Subang.

Setelah selesai launching, Bupati Subang melanjutkan dengan video conference dengan 3 kepala desa yaitu kades Cupunagara, Kades Bantarsari dan kades Cirangkong.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Prof H Amran Suadi Optimis Kaspudin Nor Lolos Menjadi Dewas KPK

JAKARTA, JMI – Sebanyak 146 calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dinyatakan lolos pada seleksi admi...