WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

PEPADI Kabupaten Sragen Gelar Wayang 24 Jam Menampilkan 24 Dalang Potensial

SRAGEN, JMI -- Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Sragen dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional akan menyelenggarakan pergelaran wayang kulit 24 jam dan akan menampilkan 24 Seniman Dalang Potensial di Kabupaten Sragen.

Pada saat pemantapan koordinasi dengan panitia penyelenggara Hari Wayang Nasional (HWN) kemarin, Minggu 3 November 2019 di pendopo rumah dinas wakil bupati Sragen ketua PEPADI Kabupaten Sragen, Sunarto mengatakan bahwa greget dan kekompakkan seniman dalang sekabupaten Sragen dalam menyambut HWN ini patut diapresiasi, awalnya para seniman bertekad apabila memang dalam pembiayaan pergelaran wayang ini pemerintah dan PEPADI Propinsi Jateng tidak memberikan pembiayaan para seniman Sragen siap mandiri," ungkapnya saat memantau kesiapan panitia.

Panitia hari Wayang Nasional rapat koordinasi di pendopo Rumdin wakil bupati Sragen
Dalam kesempatan yang sama pada rapat koordinasi pemantapan panitia di Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati Sragen Ketua Panitia HWN Kabupaten Sragen Bambang Sarjito memaparkan bahwa, "persiapan gelar wayang 24 jam yang akan menampilkan 24 dalang potensial Kabupaten Sragen sudah siap. Pelaksanaan HWN pada tanggal 7 November 2019 bertempat di Alun-alun Sragen. Perlengkapan pergelaran sudah siap, pembiayaan HWN informasi terakhir disampaikan oleh Sekretaris panitia Ki Budi Warsito dan Bendahara Ki Joko Senden, dan Seksi Pergelaran Bagong Pengendang senior Sragen saat koordinasi dengan Ketua Pepadi Jateng Untung Wiyono disampaikan bahwa pembiayaan sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Sragen, Pepadi Jateng dan Bank Jateng menjadi sponsor Utama. Acara HWN yang rencananya akan dibuka Bupati Sragen dan pergelaran akan di awali oleh Ki Untung Wiyono Ketua PEPADI Jawa Tengah yang juga Orang Tua Bupati Sragen. Yang selannutnya akan di sambung oleh Dalang bocah dan remaja junior dan dalang senior secara berurutan masing-masing dalang akan menampilkan pakeliran padat yang durasi pergelarannya 1 jam. Dan terakhir pergelaran HWN akan ditutup oleh dalang Senior Ki Sudir, panitia HWN mohon doa restu dan dukungan seluruh seniman dan masyarakat Sragen untuk suksesnya acara ini," pungkasnya.


BAMBANG. S/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Usai Terjatuh Puing Helikopter Ditemukan, Presiden Iran Dilaporkan Tewas

Jakarta, JMI - Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negerinya Hossein Amir-Abdollahian dilaporkan tewas dalam kecelakaan helikopt...