WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Ki Dalang Sunjaya Seniman Muda Pelestari Seni Tayuban di Indramayu

INDRAMAYU, JMI -- Seiring waktu perkembangan zaman di era milenial generasi muda sudah mulai lupa dengan seni budaya, padahal Indonesia dikenal dengan kebudayaannya. Tayub atau Tayuban dikenal sebagai tarian rakyat yang sudah ada sejak zaman wali songo. Sanggar seni budaya Tayuban dulu pernah naik daun pada masanya dan yang selalu ramai mengisi acara-acara adat maupun acara pernikahan. 

Tayuban mulai luntur di generasi milenial, tetapi tidak di kampung Juntinyuat terletak di pinggiran Indramayu ini darah seni mengalir sesosok seniman muda ini atau akrab di sebut Ki Dalang yang nama aslinya Sujaya. Di tangan seniman muda ini, banyak mencetuskan seniman-seniman yang mulai remaja sampai anak anak sudah piawai memainkan alat-alat musik tradisional ini, patut di apresiasi dan pemerintah Desa setempat dan pemerintah daerah juga harus mendukung dan mensupport kegiatan seni dan budaya ini karena harus di lestarikan dari masa ke masa.

Tayuban adalah tarian yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan, tayuban adalah warisan leluhur diiringi gamelan dan tembang. Sanggar seni Cipta Budi berdiri sejak 7 Mei 2015 silam, dan pada 6 desember 2019 tepatnya di hari Jumat, crew JMI BIRO Indramayu singgah di kediaman Ki Dalang perbincangan hangat dengan Ki Dalang, saat kami menanyakan tentang mengapa ia masih mempertahankan seni budaya tayuban kemudian ia menjawab "kalo bukan kita siapa lagi yang melestarikan dan mempertahankan budaya ini, jangan sampe kita lupa dengan warisan leluhur kita harus di jaga jangan sampai di klaim negara lain baru kita meributkannya," ujarnya.

Darah seni yang mengalir di tubuh Ki Dalang Sujaya yaitu dari kedua orang tuanya yang seniman juga, almarhum mendiang ibunya adalah seniman penari Topeng dan almarhum bapaknya seniman Ketoprak. Anak didiknya sejak usia 7 tahun sampai dewasa kurang lebih 20 orang, "bila ada yang berminat untuk mendaftar terbuka lebar pintu sanggar saya terbuka untuk umum tepatnya di Desa Juntinyuat kecamatan Juntinyuat kabupaten Indramayu," pungkasnya. 


YUNADIN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Majalengka Gelar Press Release Tahapan Pilkada Serentak 2024

MAJALENGKA, JMI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Majalengka bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai elemen, termasuk medi...