WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

5 Desa Wisata Dekat Candi Borobudur, Jadi Alternatif Liburan Bareng Keluarga


Yogyakarta JMI
, Magelang bukan hanya Candi Borobudur. Kini, banyak desa-desa di sekitar Candi Borobudur yang bermunculan sebagai desa wisata di mana masyarakatnya diberdayakan, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian melalui sektor pariwisata.

Selain menyimpan kemegahan yang luar biasa candi Borobudur juga memiliki kisah sejarah dan budaya dibaliknya.

Namun bagi anda yang juga ingin menikmati tempat berlibur lainnya bisa mengunjungi Desa Wisata disekitar Candi Borobudur.

Desa wisata di sekitar Candi Borobudur ini juga menyimpan daya tarik yang luar biasa indah tak kalah dengan Candi Budha terbesar itu.

Berikut ini 5 Desa Wisata di dekat Candi Borobudur yang bisa menjadi alternatif untuk berlibur bersama keluarga.

1. Desa Wisata Wanurejo

Desa wisata Wanurejo diapit oleh Sungai Progo dan Sungai Sileng membuat panorama desa ini cocok dinikmati sambil gowes pagi.

Desa wisata yang paling popular ini terletak sangat dekat dengan Borobudur dan telah lama menjadi tujuan wisatawan mancanegara dan nusantara.

Di desa wisata Wanurejo jangan lupa mampir ke museum wayangnya untuk menambah wawasan mengenai seni pedalangan khas jawa.


2. Desa Wisata Candirejo

Anda penyuka kegiatan outdoor yang menantang adrenalin silahkan mampir ke Desa Wisata Candirejo. Desa Wisata Candirejo terletak di pinggir sungai Progo yang arusnya cukup deras.

Kegiatan outdoor seperti rafting pun dapat menjadi pilihan karena arus sungai yang cukup deras. Namun kegiatan rafting di desa ini cukup unik karena menggunakan getek/perahu tradisional dari bambu.

Pilihan lain bagi turis adalah merasakan pengalaman berpetualang dengan berkendara off road menyusuri sungai Progo.


3. Desa Wisata Karangrejo

Anda yang ingin menikmati indahnya sunrise dari bukit Rhema (Gereja Ayam) silahkan datang ke Desa Wisata Karangrejo.

Desa wisata yang satu ini terletak tak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar dua sampai tiga kilometer (km). anda yang berkunjung ke Desa Wisata Karangrejo dapat menikmati Candi Borobudur dari punthuk setumbu.

Desa Wisata Karangrejo sangat cocok bagi anda pasangan pengantin baru yang ingin merasakan bulan madu.

 


4. Desa Wisata Tanjungsari

Anda penikmat kuliner sejati Desa Wisata Tanjungsari pilihan tepat untuk dikunjungi. Desa ini terkenal dengan produsen tahu merconnya yang menggoda lidah untuk menikmatinya.

Selain itu anda bisa juga melihat dari dekat peternakan lebah penghasil madu. Desa berlatar Bukit Menoreh ini terletak 3 km dari Candi Borobudur dan menawarkan atraksi kerajinan ornamen, kesenian, dan lainnya.

Jika ingin bermalam di desa ini, banyak tesedia homestay murah meriah untuk menginap.


5. Desa Wisata Karanganyar

Ingin mengetahui proses pembuatan gerabah datanglah ke Desa Wisata Karanganyar. Desa Wisata Karanganyar terletak di 3 km barat daya dari Candi Borobudur.Dengan dikelilingi Panoram alam yang sangat indah berada di sisi utara lembah bukit menorah.

Di desa ini para wisatawan bisa melihat dan mencoba sendiri proses pembuatan gerabah langsung dari pengrajinnya.

Selain itu wisatawan dapat menikmati sajian kopi di pagi hari yaitu Kopi Ndugal khas Desa Karanganyar.


Itu tadi 5 Destinasi Desa Wisata di sekitar Candi Borobudur yang dapat menjadi tujuan alternatif untuk berlibur selain ke Candi Borobudur
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Industri Rokok Takut Bisnisnya Gulung Tikar Imbas Rencana Ditekannya RPP Kesehatan

Jakarta, JMI - Ketua Umum Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI), Henry Najoan, mengatakan saat ini Industri Hasil Tembaka...