WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jokowi di Acara Nusantara Bersatu: Pilih Capres yang Berambut Putih dan Banyak Kerutan Wajah


Jakarta
- Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam sambutannya pada acara Nusantara Bersatu meminta para relawannya memilih calon presiden yang memikirkan rakyat. Sammbutan Jokowi itu pun langsung disambut dengan teriakan nama Gubernur jawa Tengah, Ganjar Pranowo, oleh relawan yang memadati Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu, 26 November 2022.

Menurut Jokowi, tantangan ke depan bakal semakin berat akibat resesi global. Sehingga, presiden yang terpilih pada tahun 2024, menurut Jokowi, harus yang benar-benar mengerti kondisi rakyat. 

"Konsekuensi ke depan pemimpin seperi apa yang kita cari? Hati-hati, saya titip hati-hati, pilih pemimpin yang ngerti, yang dirasakan rakyat, pilih nanti di 2024 yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat, setuju?" ujar Jokowi saat memberikan sambutan di acara itu. 

Relawan meneriakkan nama Ganjar Pranowo

Jokowi menyebut ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat memiliki banyak keriput pada wajahnya dan berambut putih. Menurut Jokowi, ciri-ciri diketahuinya karena sudah lama menjabat sebagai presiden. 

"Kalau wajah cling (mulus) dan bersih, tidak ada kerutan di wajah, hati-hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua, ini mikiran rakyat ini," kata Jokowi diikuti tepuk tangan dari ribuan relawan yang memadati GBK. 

Meski sudah menyebut ciri-ciri capres pilihannya secara spesifik, Jokowi dalam acara itu tidak menyebut nama tokoh. Beberapa relawan yang hadir banyak meneriakan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, karena memiliki kesamaan ciri-ciri dengan yang Jokowi sebutkan.

Sinyal kedua kalinya untuk Ganjar Pranowo 

Acara Nusantara Bersatu ini merupakan realisasi janji Jokowi sebelumnya yang menyatakan akan menggelar pertemuan dengan seluruh kelompok relawan di Jakarta pada akhir tahun 2022. 

Janji tersebut sempat dilontarkan Jokowi saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) di Jawa Tengah Mei lalu. Saat itu, Jokowi meminta relawan untuk bersabar soal siapa calon presiden yang akan dia dukung pada Pilpres 2024. 

Meskipun demikian, dalam acara tersebut, Jokowi juga sempat memberi sinyal dukungan kepada Ganjar Pranowo. 

Ketua panitia yang juga Staf Khusus Jokowi, Aminuddin Ma'ruf menyebut jumlah relawan yang hadir dalam acara Nusantara Bersatu mencapai 150 ribu orang. Mereka berasal dari sejumlah organ relawan Jokowi yang tersebar di berbagai daerah. 

Aminuddin menyebut para relawan juga akan membacakan deklarasi risalah nusantara oleh perwakilan dari setiap provinsi. Deklarasi ini dibacakan karena para relawan ingin satu komando di bawah arahan Jokowi menuju Indonesia Emas 2045. Meskipun demikian, Aminuddin menyatakan tak akan ada deklarasi soal dukungan kepada calon yang akan mereka usung di Pilpres 2024 pada acara Nusantara Bersatu ini.

 

TMP/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...