WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Ke-Khawatiran Para Pakar Tentang Virus Zombie Yang Baru-Baru Ini Muncul

gambaran partikel virus yang di namakan virus zombie yang telah hidup kembali setelah puluhan ribu sampai ratusan ribu lalu/net


JAKARTA, JMI – Para peneliti didunia seperti Rusia, Prancis, German menemukan virus zombie di permafrost atau lapisan beku di Siberia, Rusia. Melalui studi di BioRxiv peneliti telah menghidupkan dan mengkelompokan 13 patogen yang usianya lebih dari 48.500 tahun yang di beri nama virus zombie.

Banyak ekspektasi dari masyarakat tentang virus tersebut, yang mengatakan bahwa jika seseorang terinfeksi virus tersebut efek samping yang akan di alaminya seperti halnya yang ada di film-film yaitu merubah manusia menjadi zombie atau mayat hidup, padahal faktanya sangatlah berbeda.

Virus zombie adalah istilah virus bisa hidup dalam bekuan es selama ribuan tahun bahkan bisa sampai ratusan ribu tahun.

Penamaan pathogen virus, bakteri maupun jamur memiliki standart nama secara international seperti hal nya SARS-Cov-2 penyebab pandmei covid-19.

Virus zombie ini memang benar ada di dunia nyata, karena istilah yang diketahui oleh banyak masyarakat ini terlalu menyeramkan sehingga masyarakat berasumsi virus tersebut mempunyai efek dan gejala sama yang seperti di film-film, padahal kenyataanya pathogen dalam virus tersebut tidak semenyeramkan penamaanya.

Yang membuat khawatir seharusnya bukan karena namanya, tetapi karena efek dan gejalanya yang bisa hidup kembali usai lama mati.

Yang membuat khawatir dari virus tersebut bukan hanya sekedar virusnya, tetapi bisa saja bakteri atau jamur yang hidup di era puluhan ribu sampai ratusan tahun lalu yang dikatakan bisa hidup kembali (dormant) dan dapat menginfeksi manusia.

Virus tersebut menyebabkan penularan meski tidak terlalu cepat namun jika virus tersebut mematikan dan menular berdampak buruk bagi manusia yang terinveksinya.

 

FAR/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...