WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Presiden RI Joko Widodo Membuat Kebijakan Baru Kendaraan Listrik di Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkap Presiden Jokowi akan mengumumkan sendiri kebijakan baru kendaraan listrik/net


JAKARTA, JMI – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyampaikan bahwa pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan baru terkait percepatan pengembangan kendaraan listrik, kebijakan tersebut langsung di umumkan oleh bapak Presiden RI Joko Widodo.

Menteri Perindustrian tersebut telah melakukan rapat kerja dengan Komisi VII DPR (7/12).

"Saya bisa sampaikan di sini, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan ada policy baru dari pemerintah yang jujur saja baru dirapatkan kemarin dipimpin bapak presiden, mungkin belum bisa saya buka tapi itu juga salah satu cara pemerintah untuk mendorong lebih cepatnya pertumbuhan industri kendaraan listrik baik itu mobil atau roda dua" kata Agus.

Kebijakan yang baru-baru ini mencuat ke public yaitu pemerintah berencana untuk mensubsidikan kendaraan listrik khususnya kendaraan motor listrik sebanyak Rp.6,5 Juta.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan ia mendorong subsidi itu diberikan buat konversi motor listrik yang merujuk ke Kementerian Perhubungan.

Agus mengatakan belum dapat menjelaskan kebijakan baru apa yang sedang disiapkan pemerintah, walau begitu dia memastikan itu akan diumumkan Jokowi.

"Mohon maaf saya belum bisa buka di sini karena nanti bapak presiden sendiri yang akan mengumumkan terhadap Policy  yang baru. Tapi di mata Kemenperin yang paling penting adalah pendalaman struktur, TKDN, jam kerja sebanyak-banyaknya kita arahkan di Indonesia tidak di luar negeri" kata dia.

Berdasarkan data Kemenperin, target produksi kendaraan listrik di Indonesia pada 2025 adalah 400 ribu unit mobil listrik dan 1,76 juta motor listrik. Lalu pada 2035 menjadi 1 juta mobil listrik dan 3,2 juta motor listrik.

Saat ini ada empat perusahaan bus listrik, tiga perusahaan mobil listrik dan 35 perusahaan motor listrik yang sanggup memproduksi kendaraan listrik di dalam negeri.

Total investasi yang sudah masuk ke Indonesia di sektor ini sebesar Rp1,29 triliun. 

 

FAR/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pergantian Meron Dalam Haul Eyang Ndoro Pangeran Aryo Kusumo Desa Sumberjosari Karangrayung Selalu Menjadi Daya Tarik Tersendiri

GROBOGAN, JMI - Dalam rangka menyambut bulan Muharam 1446 H masyarakat Dusun Jajar Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kab...