WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bapas Jakbar Gandeng PCNU Jakarta Barat Adakan Kegiatan Bimbingan Kepribadian Klien Anak

JAKARTA JMI – Dalam rangka meningkatkan keimanan serta pemahaman nilai agama pada Klien Pemasyarakatan, hari ini, Selasa (14/02/2023) Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Barat gelar kegiatan Bimbingan Kepribadian bagi 26 orang Klien Anak yang berada di bawah bimbingan Bapas Jakarta Barat. 

Bertempat di Aula Kantor Bapas Jakarta Barat, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kanit Binmas Polsek Palmerah Iptu Martata, Lurah Palmerah Muhammad Ilham, Suku Dinas PPAPP Jakarta Barat, Ketua Yayasan Kemanggisan Juanedi, serta mengundang narasumber dari Pengurus Cabang Nadhatul Ulama (PCNU) Wilayah Jakarta Barat serta orang tua Klien Anak.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada klien anak tentang pentingnya peningkatan kualitas keagamaan untuk mencegah perilaku melanggar hukum serta pemahaman agar selalu patuh kepada orangtua yang juga akan menanggung akibat atas perilaku anak apabila melanggar hukum. 

Mengusung tema “Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Menuju Pribadi Akhlaqul Kharimah”, kegiatan ini diisi dengan pemberian ceramah keagamaan dan pembekalan kepribadian yang dibawakan oleh narasumber H. Agus Salim dan Ustad H. Uweis Al Qorni. 

Dalam ceramahnya, H. Agus Salim memberikan pesan kepada anak-anak untuk selalu berikhtiar dalam menggapai cita-cita mulia, menjadi anak yang soleh dan berbakti kepada orang tua serta tidak kembali melakukan tindakan yang dilarang oleh agama.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah dari Ustad H. Uweis Al Qorni yang menyampaikan bahwa meluruskan perilaku Anak tidak bisa terjadi secara instan, perlu proses yang panjang. Proses ini tidak hanya dilakukan oleh Lembaga atau institusi penegak hukum tetapi juga perlu dukungan batiniah dari lingkungan keluarga.

“Walaupun di zaman digital ini, ilmu bisa didownload tapi akhlak tetap tidak bisa didownload. Maka perlu adanya ikatan batiniah antara Anak dengan orang tua untuk semakin menanamkan nilai-nilai agama.” 

Ustad menjelaskan bahwa dengan menanamkan nilai agama dapat membantu Anak dalam mengendalikan emosi. 

“Banyak anak yang ikut tawuran karena adanya gesekan di social media, akhirnya turun ke jalanan. Sekarang kalau terpikir ingin ikut tawuran, ingat saja orang tua kalian,” lanjut Ustad H. Uweis.

Seluruh Klien Anak terlihat antusias dan memperhatikan dengan serius ceramah yang disampaikan. Pasalnya, sebagian besar Klien Anak yang hadir dalam kegiatan ini pernah berurusan dengan hukum karena terlibat aksi tawuran antar pelajar atau daerah.

Salah satu klien anak yang hadir (RY, 17 Tahun) menyampaikan kesannya mengikuti kegiatan ini. 

“Mendengar ceramah hari ini, saya merasa tersentuh dan semakin sadar akan kesalahan yang pernah saya perbuat. Saya juga senang bisa bertemu dengan teman-teman baru dan mendapatkan bimbingan di Bapas Jakarta Barat,” ujarnya.

Faisal 6444/Red/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Syukuran di Kantor Subdenpom III/4-3 Pandeglang Dalam Rangka Hari Ulangtahun Polisi Militer Angkatan Darat ke 78

Lebak, JMI - Dengan mengusung tema, 'Dedikasi tanpa henti mengabadikan kiprah Polisi Militer TNI Angkatan Darat guna menyon...