WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dishub Bandung Cek Kelaikan Bus Hadapi Arus Mudik


BANDUNG JMI
, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jawa Barat, akan melakukan ramp check bus penumpang di terminal. Kegiatan inspeksi keselamatan itu dilakukan dalam menghadapi momen arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dishub Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan, ramp check di terminal akan dilakukan H-7 Lebaran hingga H+7. Selain pengecekan kelaikan kendaraan di terminal, pemeriksaan juga dilakukan di pul-pul bus.

“Pengecekan per terminal dan di pul, takut kecolongan. Misal, pemberangkatan tidak melalui terminal, makanya kita ke pul, ramp check,” kata Asep, Selasa (4/3/2023).

Kegiatan ramp check pertama kali dilakukan di pul perusahaan jasa transportasi Jackal Holidays di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (29/3/2023). Asep mengatakan, kegiatan ramp check ini untuk memastikan bus pada masa angkutan Lebaran ini laik beroperasi dan laik jalan.

Saat ramp check, pemeriksaan tidak hanya dilakukan terhadap kondisi kendaraan dan perlengkapannya, tapi juga surat kendaraan dan dokumen lainnya. Menurut Asep, ada beberapa hal yang menjadi sorotan, seperti kondisi rem tangan yang kadang tak berfungsi. Selain itu, wiper kaca yang dibiarkan tidak berfungsi optimal, padahal keberadaannya penting, apalagi di tengah musim hujan.

Asep mengatakan, bus yang dinilai lulus ramp check akan mendapatkan stiker dari Dishub Kota Bandung. Ia meminta pemilik atau pengelola bus bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan para penumpang.


Rpb/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD, Pj.Bupati Subang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023

Subang, JMI - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang dengan agenda Penyampa...