WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Agar Tetap Aman dan Nyaman Mudik Jarak Jauh Pakai Mobil


Jakarta JMI,
Mudik atau pulang ke kampung halaman jadi tradisi yang tak bisa ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia saat Idul Fitri. Masyarakat pun beramai-ramai pergi ke kampung halaman menggunakan segala moda transportasi, termasuk mobil.

Untuk kamu yang memutuskan pergi mudik menggunakan mobil di Lebaran kali ini, tentu ada serangkaian persiapan yang harus disiapkan. Agar perjalanan mudik jarak jauh jadi aman dan nyaman, yuk simak serangkaian tips berikut yang dilansir dari theroadtripexpert.


Siapkan makanan dan minuman secukupnya

Meski kerap tak diinginkan, mudik biasanya identik dengan macet di perjalanan yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berganti hari. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyiapkan bekal makanan dan minuman selama perjalanan jauh saat mudik ini. Siapkanlah makanan sehat, camilan, dan air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Jika perlu, bawa juga obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Bekal makanan dan minuman yang bernutrisi yang kamu bawa tak hanya bisa mengganjal perut di jalan saat waktu berbuka atau di malam hari. Namun juga bisa bantu menjaga energi dan memaksimalkan kenyamanan selama berkendara.


Beri jeda istirahat selama perjalanan, 15 menit dalam 2 jam sekali

Berilah waktu jeda untuk istirahat selama perjalanan agar kamu bisa meregangkan badan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menjaga sirkulasi darah dalam keadaan baik, juga mengisi energi dan meningkatkan suasana hati saat beristirahat.

Cari tahu titik-titik rest area atau pemberhentian lain yang bisa kamu kunjungi, lalu rencanakan istirahat paling tidak 15 menit setiap 2 jam sekali.


Istirahat yang cukup sebelum perjalanan

Pastikan kamu sudah tidur cukup dan nyenyak sebelum melakukan perjalanan mudik jarak jauh. Sehingga kamu bisa menjaga fokus saat berkendara. Istirahat cukup juga membantumu lebih rileks dan terhindar dari lesu ataupun kantuk yang bisa membahayakan diri sendiri maupun keluarga di perjalanan.


Siapkan perlengkapan tidur untuk penumpang

Untuk bantu anak-anak atau penumpang lainnya tetap nyaman selama perjalanan mudik, kamu bisa siapkan perlengkapan tidur yang memadai. Misalnya, bantal, selimut, atau boneka untuk anak-anak. Atur penempatan barang tersebut agar mudah dijangkau oleh para penumpang.


Siapkan berbagai macam hiburan

Perjalanan darat yang memakan waktu lama rawan membuat kamu bosan. Untuk menghindarinya, siapkanlah berbagai macam hiburan yang bisa dinikmati sambil berkendara, salah satunya perangkat audio untuk mendengarkan musik.

Kamu pun bisa siapkan hiburan untuk para penumpang, terutama anak-anak, seperti game, perangkat musik, buku audio, dan lain-lain.


Pakai baju yang nyaman & bawa baju ganti

Pakailah baju yang nyaman agar lebih nyaman selama perjalanan mudik. Misalnya, gunakan pakaian hangat berlengan panjang jika kamu akan melakukan perjalanan di malam hari yang rawan dingin. Jangan lupa siapkan baju ganti sebagai cadangan untuk mengantisipasi jika yang kamu kenakan terkena tumpahan makanan/minuman di jalan.

Itulah 6 tips yang bisa kamu terapkan untuk mempersiapkan perjalanan mudik yang aman dan nyaman di Lebaran tahun ini. Selain mempersiapkan hal tersebut, tentunya kamu juga harus pastikan kesiapan mobil yang akan digunakan selama perjalanan mudik.


dtk/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...