WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Viral! Ulah Oknum Bea Cukai Indonesia Masuk TV Taiwan


Jakarta JMI,
Ternyata ulah oknum Ditjen Bea Cukai Indonesia sudah viral hingga ke negeri Taiwan. Beberapa turis asal Taiwan mengaku punya pengalaman buruk dengan Bea Cukai di Indonesia. Isu ini bahkan sudah diliput oleh stasiun TV Taiwan.

Salah satu pengalaman pahit yang dialami turis Taiwan dengan oknum Bea Cukai Indonesia dinarasikan dalam sebuah video TikTok. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @LyLien59 pada Selasa (11/02). “Kelakuan pihak Bea Cukai Viral dimana-mana,” tulisnya.

Terlihat sebuat liputan oleh TV Taiwan, CTS, dengan adegan antrean di bandara. Kemudian beberapa orang diwawancarai. Nampak tampilan grafis kepulauan Indonesia juga.

Narasi pada video itu, “Bukan hanya warga Indonesia saja yang dipersulit Bea Cukai. Turis asing yang ingin berwisata ke Indonesia pun kena imbasnya. Para turis merasa dieksploitasi dan diperas oleh pihak Bea Cukai Indonesia. Imbasnya banyak turis Taiwan takut berpergian ke Indonesia.”

Selanjutnya dijelaskan bahwa ada seorang turis Taiwan yang diperas oknum Bea Cukai Indonesia. Gara-garanya turis Taiwan itu mengambil gambar di area Bea Cukai Bandata Soekarno Hatta. Dia langsung diminta untuk membayar denda. Tak sampai di situ, oknum Bea Cukai juga mengancam akan mendeportasinya jika tidak mau membayar denda.

Awalnya oknum petugas Bea Cukai meminta denda sebesar 400 dolar Amerika. Tapi setelah melakukan nego, akhirnya sang turis hanya diminta membayar Rp 4 juta. Baru setelah membayar, turis Taiwan itu diizinkan berlibur ke Indonesia.

Video tersebut viral hingga ditonton lebih dari 173 ribu kali. Respons netizen cukup ramai. Ada yang langsung menyebut akun Erick Thohir.

Netizen @Kim_ziia menulis, “@erick.thohir pak aku malu jadi warga Indonesia kalau beritanya sudah ke negara tetangga. Soalnya kita lagi kerja di negara ini.”

“Tak kira cuma di pasar yang bisa tawar menawar, ternyata di @Bea Cukai RI juga bisa tawar menawar harga,” komentar @SasaShincu.

Di Twitter, video yang sama dibagikan oleh akun @timmymalachi, dengan caption “Gila sampai turis Taiwan aja takut sama becuk Indon.”

Komentar para netizen Twitter tidak jauh berbeda dengan netizen TikTok. Rata-rata merasa malu dan mengkritik Bea Cukai Indonesia.

“Negara tukang malak dan melegenda. Asik makin rame nih dan makin kebuka bangkainya,” tulis netizen @hudagaga10

Ada juga yang langsung mention Staf Khusus Menkeu, Yustinus Prastowo, “Tuh mas Prastow, akibat nila setitik, rusak susu sebelanga, tulis akun  @edwinbazz.

Netizen lain menjelaskan bahwa memang tidak boleh mengambil gambar di bagian Bea Cukai. Ini pun berlaku di negara-negara lain. “Hanya yang disesalkan, kalau di negara lain dibentak dan diperingatkan. Kalau di negara kita pake nego,” tulis  @ryan_putra99.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak Ditjen Bea Cukai. Ulah para oknum Bea Cukai belakangan semakin viral saja.


Tim/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Syukuran di Kantor Subdenpom III/4-3 Pandeglang Dalam Rangka Hari Ulangtahun Polisi Militer Angkatan Darat ke 78

Lebak, JMI - Dengan mengusung tema, 'Dedikasi tanpa henti mengabadikan kiprah Polisi Militer TNI Angkatan Darat guna menyon...