WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Antusias Ribuan Warga dan Santri di Temanggung, Sambut Rombongan 32 Biksu Thudong


 

TEMANGGUNG, JMI - Rombongan 32 biksu yang melakukan ritual thudong atau berjalan kaki dari Thailand ke Indonesia, tiba di Temanggung, Selasa (30/5/2023) siang. Kedatangan biksu thudong disambut antusias ribuan warga, termasuk ratusan santri.

Ratusan santri dari Pondok Pesantren Darul Aman Pringsurat Temanggung ini sudah menunggu sejak Selasa pagi di pinggir jalan nasional Semarang-Yogyakarta. Mereka memberi semangat dan bantuan makanan kepada para biksu.

Para biksu ini sebelumnya melakukan perjalanan dari Kota Semarang melintasi wilayah Kabupaten Semarang dengan pengawalan aparat TNI-Polri dan ormas.

“Penyambutan ini sebagai wujud toleransi dan menghormati tamu yang berasal dari luar negeri,” kata Kiai Ahmad Sobari, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Aman.

“Kami mendoakan agar para biksu sehat, selamat dan aman sesampainya di Candi Borobudur untuk merayakan hari raya Waisak nanti,” katanya.

Sementara, iring-iringan biksu ini dikawal langsung Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi hingga masuk ke wilayah Magelang.

32 biksu yang melaksanakan ritual thudong ini berasal dari Thailand, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Indonesia. Rencananya 32 biksu ini akan menghadiri puncak perayaan Waisak di Candi Borobudur Magelang.


Sumber: Inews.id
Editor: Saddam Al-Khadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bupati Karawang Apresiasi Program UMKM Untuk Indonesia

Karawang, JMI - Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menghadiri Launching Program UMKM Untuk Indonesia Tahun 2024 yang bertempat di ...