WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Cakades Genteng, Budi Setiawan Usung Program Pemberdayaan Masyarakat


MAJALENGKA JMI,
Mengusung program pemberdayaan masyarakat merupakan bagian misi dan visi yang diusung Calon Kepala Desa Genteng, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

"Di samping merealisasikan pembangunan terhadap sektor pertanian dan infrastruktur, saya akan menjalankan program skala prioritas berupa  pemberdayaan masyarakat," ujar Cakades Genteng, Budi Setiawan, Kamis (4/5/2023).

Budi menjelaskan, bahwa program pemberdayaan masyarakat tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan kemandirian dan meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.

Melalui programnya itu, Cakades Genteng nomor urut 1 ini guna meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran masyarakat desa dengan memanfaatkan sumber potensi yang ada dengan baik.

Salah satu contohnya yaitu jika kelak ia terpilih menjadi Kepala Desa Genteng dirinya akan memberikan ruang aktivitas terhadap karang taruna desa.

"Karang Taruna kita libatkan dalam hal pengelolaan sampah. Di sini, perannya selain berdampak positif terhadap lingkungan juga sekaligus bisa menjadi sarana untuk memupuk kemandirian dan membuka peluang bagi aktivitas perekonomian," jelasnya.


Dalam teknisnya, kata dia, pengelolaan limbah atau sampah rumah tangga warga dipilah terlebih dahulu sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir yang ada di kawasan Heuleut.

Hal ini ditujukan agar bisa mendulang dari sampah yang memiliki nilai ekonomi dan tidak menutup kemungkinan memanfaatkan jenis sampah rumah tangga untuk diolah menjadi pupuk organik.

Lewat program-program yang ditawarkannya itu, secara umum masyarakat Desa Genteng merasa tertarik dan mendukung.

Sementara itu, tokoh masyarakat pun berharap agar ke depan pemerintahan desa tidak hanya memperhatikan program sektor pertanian atau pembangunan infrastruktur, namun memberikan perhatian terhadap kesejahteraan pada para tokoh agama.

"Kami berharap pemerintah desa Genteng ke depan dapat memperhatikan juga kesejahteraan tokoh agama, khususnya para guru ngaji maupun pengelola mushola," ungkap Ustadz Nana.

Dirinya mewakili tokoh masyarakat lainnya mendukung sepenuhnya dan menaruh harap bilamana Budi Setiawan kelak terpilih menjadi Kepala Desa Genteng akan mengakomodir aspirasi masyarakat sesuai dengan komitmennya. 


Yaya Ruhiyat/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD, Pj.Bupati Subang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023

Subang, JMI - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang dengan agenda Penyampa...