WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Deklarasi Damai Pilkades, Bupati Minta Ciptakan Pilkades Aman dan Kondusif

MAJALENGKA, JMI - Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Majalengka yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2023 mendatang, Pemerintah Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan Kepolisian Resor Majalengka selenggarakan Deklarasi Damai bagi para Calon Kepala Desa di 64 Desa dari 23 Kecamatan se-Kab.Majalengka. Pelaksanaan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2023 tersebut dilaksanakan di Gor Saya Arja Mako Polres Majalengka, Rabu (17/05/2023).

Pelaksanaan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2023 menghadirkan para Calon Kepala Desa di 64 Desa se-Kab.Majalengka, selain itu dihadiri juga Kaplores Majalengka berserta jajarannya, Unsur Forkopimda Kab.Majalengka, Sekda, Asda 1, Kepala Bakesbangpol, Para Camat di 23 Kecamatan, para Kapolsek, Danramil, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam arahannya Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengapresiasi kepada jajaran Kepolisian Resor Majalengka atas inisiatifnya untuk mengumpulkan para Calon Kepala Desa dari 63 Desa yang akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa serentak, hal ini tentunya sebagai wujud antisipasi lebih awal terhadap potensi kerawanan yang bisa saja ditimbulkan dari kontestasi Pilkades tersebut. Sebanyak 466 TPS akan dipergunakan dalam Penyelenggaraan Pilkades serentak di Kab.Majalengka nantinya, sedangkan berdasarkan data mengenai Daftar Pemilih Tetap (DPT) terdapat 193.139 orang yang akan menyalurkan hak demokrasinya dalam pemilihan Kepala Desa tersebut.

Masih dikatakan Bupati, kegiatan Deklarasi Damai  Pilkades ini pun sebagai langkah bersama untuk menyukseskan Pilkades Serentak di Kab.Majalengka, langkah bersama dalam menciptakan Pilkades yang Aman dan Kondusif, karena dengan suasana kondusifitas yang terjaga akan memberikan kelancaran pada setiap tahapan Pemilihan Kepala Desa tersebut. Berdasarkan pengalaman yang telah terjadi di Kab.Majalengka dalam setiap kontestasi Politik baik itu Pemilihan Kepala Desa, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Anggota DPRD selalu berjalan aman, damai dan kondusif hal tersebut menandakan kedewasaan masyarakat Majalengka dalam menyikapi kontestasi politik. 

"Untuk itu saya instruksikan kepada para Calon Kepala Desa yang akan bertarung dalam Pilkades nantinya, harus dapat mengendalikan keamanan, kenyamanan dan kekondusifan masyarakat di wilayahnya, jangan sampai mencederai kedewasaan politik masyarakat di Kab.Majalengka yang sampai sejauh ini telah berhasil menciptakan kekondusifan dan keamanan disetiap ajang pemilihan," tegas Bupati.

Sementara itu dalam arahannya Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, menjelaskan bahwa jajaran aparat Kepolisian akan senantiasa mengawal serta siap siaga turut serta menciptakan suasana aman, damai dan kondusif pada saat ajang pemilihan Kepala Desa Serentak di 64 Desa di Kabupaten Majalengka pada 27 Mei mendatang. Kami akan senantiasa menjaga Kamtibmas disetiap wilayah di Kab.Majalengka khususnya di wilayah yang akan melaksanakan Pilkades, untuk itu peran serta masyarakat juga penting untuk bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif menjelang kontestasi Pilkades mendatang.

Masih dikatakan Kapolres, adapun tugas kami juga sebagai dinamisator, mendimanisir terwujudnya kerukunan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Bhineka tunggal Ika demi menjaga keutuhan NKRI, selain itu juga sebagai pendorong terwujudnya toleransi dan penetralisir terhadap perbedaan pendapat untuk mencegah konflik yang ditimbulkan atas perbedaan dalam Pilkades nantinya, untuk itu mari kita patuh pada aturan yang ada dan sudah disepakati bersama dalam seluruh tahapan Pilkades ini, tetap jaga situasi aman, damai dan kondusif di setiap wilayahnya dengan demikian tidak akan ada celah sedikitpun untuk terjadinya kericuhan atau hal lainnya yang tidak diharapkan nantinya. 

"Saya berharap beberapa tahapan penting yang akan di lalui pada kontestasi Pilkades serentak ini dapat berjalan aman tertib dan kondusif sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama yakni terciptanya Pilkades Aman dan Kondusif," ungkap Kapolres.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi Damai oleh perwakilan Cakades yang diikut oleh seluruh calon dari desa lainnya, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai oleh masing masing calon tiap desa. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan baik. 

Yaya Ruhiyat/JMI/Red.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Laka Kerja di Sukabumi, Korban Buat Surat Pernyataan Dengan Pihak Perusahaan

SUKABUMI, JMI - Satu Orang Buruh Alami Laka Kerja Diketahui Bekerja di   PT. Aneka Dasuib Jaya Yang Beralamat di Jln Raya Pakuwon Km 5 Rt...