WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pesan Presiden Joko Widodo saat melepas Kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja


Jakarta JMI
, Presiden Joko Widodo meminta supaya Tim Indonesia bisa meraih prestasi yang lebih baik dari SEA Games 2021 Vietnam. Setidaknya membawa pulang medali emas di atas 69 dan finis di atas peringkat tiga besar.

Hal itu ditegaskan Joko Widodo pada acara pelepasan Tim Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5).

Di SEA Games Vietnam, Tim Indonesia berhasil meraih 69 medali emas, 91 perak dan 81 perunggu. Indonesia di urutan ketiga klasemen medali di bawah tuan rumah Vietnam dan Thailand.

"Hari ini saya akan melepas kontingen SEA Games ke-32 ke Kamboja, yang kita berangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet. Dan akan mengikuti 31 cabang olahraga. Saya hanya pesan di Sea Games di Vietnam kita memperoleh saat itu medali 69 emas, dan peringkat kita di peringkat ke 3," kata Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/5).

"Nah sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3, pilihannya hanya ada 2, peringkat 1 atau 2. Ini bukan target yang gampang, bukan target yang mudah, tapi saya melihat atlet yang hadir di sini, maupun yang berangkat tentunya telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk berlaga bertanding di Kamboja," lanjut Jokowi.

Sebelumnya, Menpora Dito Ariotedjo pada saat pengukuhan mengatakan Indonesia resmi mengirimkan 599 atlet untuk bertanding di 31 cabang olahraga pada perhelatan SEA Games 2023 Kamboja.

"Terima kasih kepada bapak presiden yang berkenan menerima kami untuk melepas kontingen SEA Games ke-32 di Kamboja. Ingin kami sampaikan kesiapan atlet dari total 599 atlet yang didampingi oleh 230 ofisial dan 55 tenaga medis, jumlahnya 884 orang," ucap Menpora Dito Ariotedjo.
SEA Games 2023 Kamboja akan berlangsung pada 5 hingga 17 Mei. Dito menyebut rencananya rombongan besar akan bertolak pada Kamis (4/5).


Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari optimistis Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim dapat memenuhi target yang diberikan Presiden RI Joko Widodo.

“Saya yakin kita semua memiliki cita-cita yang sama, menginginkan Indonesia Raya berkumandang lebih sering dan Merah Putih berkibar di puncak tertinggi. Saya melihat tekad itu ada di para atlet, Federasi Nasional, dan tentu CdM kita. Jadikan solidaritas SEA Games sebagai batu loncatan untuk melompat menuju prestasi yang lebih tinggi. Tunjukkan kepada dunia, Indonesia bisa!”tegas Okto.

SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta (multievent) olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN.

Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim mendapat dukungan dari official patners, Gudang Crypto, NusaPay, Li-Ning, My Tour, Pocari Sweat, Bag City, dan PT Berdikari.


Rpb/JMI/Red.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...