WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Airbus A380-800, Pesawat Terbesar yang Beroperasi di Bali

Jakarta, JMI - Maskapai penerbangan internasional Emirates menyatakan operasional armada Airbus A380-800 ke Bali merupakan komitmen terhadap pasar Indonesia yang sedang tumbuh. Juga untuk menjawab permintaan pasar yang terus meningkat. "Serta pembuktian kerja sama yang semakin kuat dengan otoritas bandara I Gusti Ngurah Rai dan pemerintah lokal," ujar Senior Vice President Commercial Operations Far East Emirates Orhan Abbas dalam pernyataan di Jakarta, Jumat, 2 Juni 2023.

Kedatangan armada Airbus A380 untuk pertama kalinya ke Indonesia merupakan hasil kerja seluruh tim selama berbulan-bulan, mulai dari tahap perencanaan hingga eksekusi.

"Kami siap melayani para pelanggan yang terbang dari dan ke Denpasar dengan layanan kelas dunia Emirates A380, sekaligus merespons tingginya permintaan perjalanan internasional dengan pesawat Superjumbo, (yang nantinya) menjadi salah satu dari dua layanan harian ke pulau Bali," ujar Abbas.

Emirates Country Manager untuk Indonesia Mohammad Al Attar memastikan penerbangan pesawat berbadan lebar terbesar di dunia itu dapat memberikan kontribusi signifikan dalam melayani peningkatan permintaan pelanggan. "Kami senang dapat mencapai tonggak sejarah ini yang akan memperkuat operasi kami di Indonesia, serta rencana komersial di masa depan untuk pasar Indonesia," ujar Al Attar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi sangat optimistis jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali akan bertambah, dengan kehadiran pesawat A380 Emirates Airlines secara perdana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali pada Kamis, 1 Juni 2023 pukul 16.35 WITA kedatangan pesawat komersil terbesar di dunia Airbus A380-800 milik maskapai Emirates, dengan rute penerbangan Dubai - Denpasar pergi pulang (PP).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Maria Kristi Endah Murni mengatakan pesawat dengan dua lantai ini merupakan penerbangan reguler yang membawa 460 penumpang.  

Kemenhub, kata dia, menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya penerbangan perdana pesawat komersil terbesar Emirates yang melayani rute Dubai menuju Pulau Dewata. "Tentunya akan membawa dampak positif bagi penerbangan Indonesia,dan dapat mendukung peningkatan perekonomian dan pariwisata di Indonesia," ujar dia lewat keterangan tertulis, Kamis lalu.

Menyambut kedatangan pesawat A380-800 itu, Kristi menuturkan bahwa pihaknya melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV dan seluruh stakeholder penerbangan serta pihak terkait lainnya sudah melakukan koordinasi. Juga sudah melakukan persiapan dan pengecekan fasilitas sarana dan prasarana baik sisi udara maupun sisi darat.  

“Dengan kapasitas pesawat yang besar, maka membutuhkan penanganan yang ekstra, karena fasilitas peralatan yang berbeda dengan pesawat lainnya agar operasional penerbangan dan pelayanan berjalan selamat, aman, dan nyaman,” ucap Kristi. 

Sementara Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Agustinus Budi Hartono menjelaskan pihaknya memastikan penyesuaian sarana dan prasarana yang dibutuhkan operasional pesawat A380 milik Emirates tersebut.

Koordinasi intensif bersama pihak terkait seperti PT Angkasa Pura I selaku pengelola bandara, pihak Emirates selaku maskapai yang mengoperasikan penerbangan A380, Airnav selaku penyelenggara lalu lintas udara, ground handling dan pihak lain untuk memastikan sarana dan prasarana agar sesuai dengan ketentuan keselamatan dan keamanan penerbangan. 

“Mulai dari penyesuaian tempat parkir pesawat beserta fasilitas rambunya, penyesuaian kapasitas ruang tunggu dan toilet pada terminal, garbarata, pengisian bahan bakar pesawat, Custom, Immigration and Quarantine (CIQ), kesiapan unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran(PK-PPK), petugas yang terlatih sampai dengan prosedur penanganan penumpang telah kami persiapkan dengan baik,” kata Agustinus. 

Dengan kedatangan pesawat Airbus A380 ke Bali yang membawa kapasitas penumpang yang lebih banyak, menurut dia, tentunya menjadi kesempatan besar dalam meningkatkan arus kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. "Sehingga diharapkan dapat menstimulasi rute penerbangan lainnya ke Indonesia," tutur dia.

 

Sumber: Tempo.co
Editor: Saddam Al-Khadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Polres Bogor Melayani Langsung Masyarakat di Jum'at Curhat

Kab Bogor. JMI - Dalam acara rutin "Jum'at Curhat" di Polres Bogor, 23 Februari 2024 mulai pukul 08.30 sd selesai, warga ma...