WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Perluas Wawasan Pengetahuan Bahan Peledak dan industri Pertahanan, Siswa Yanmin Polri Ngampus di DAHANA

Subang, JMI - Siswa Yanmin POLRI beserta para pendamping mengunjungi Kampus DAHANA dalam rangka memperluas pengetahuan mengenai keahlian bahan peledak dan industri pertahanan. Rombongan siswa tersebut disambut baik oleh SM Pelayanan Korporasi DAHANA, Ogi Nugraha di Kampus DAHANA pada Kamis, 22 Juni 2023.

SM pelayanan koperasi Dahana Ogi Nugraha dalam sambutannya menjelaskan tentang sejarah DAHANA yang berasal dari Proyek Menang Angkatan Udara Republik Indonesia. Pada tahun 2012 DAHANA mulai menempati Kawasan 600 hektar di Subang setelah sebelumnya bermarkas di Tasikmalaya. Di Subang DAHANA mendirikan berbagai macam fasilitas bahan peledak komersial dan militer.

“Selamat datang di Kampus Dahana, Kampus bukan dalam arti universitas, namun kepanjangan dari Kantor Manajemen Pusat.  Secara filosofis merupakan tempat belajar bahan peledak, karena sering kedatangan mahasiswa, ahli bahan peledak, yang belajar disini. Kami berharap kedatangan teman-teman kesini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang bahan peledak yang diproduksi oleh DAHANA,” ujar Ogi Nugraha.
Ia juga menambahkan, sejak April 2022, DAHANA masuk ke dalam holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID. Dengan fasilitas bahan peledak terlengkap di Asia Tenggara, DAHANA optimis dapat menjalankan tugas dari negara untuk masuk ke dalam rantai pasok bahan peledak dunia, mendorong kemandirian industri pertahanan, serta dapat bersaing hingga mencapat Top 50 Global Defence Company.

Ogi melanjutkan, Bahan peledak produksi DAHANA saat ini telah dipercaya oleh berbagai perusahaan pertambangan ternama di tanah air, dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dalam praktiknya, DAHANA sangat memperhatikan aspek keamanan bahan peledak, baik dari sisi produksi, mobilisasi, hingga pemusnahan bahan peledak.

Sebanyak 32 siswa Yanmin hadir dalam acara tersebut, didampingi oleh enam pendamping. Mereka antusias mengikuti agenda kunjungan yang meliputi pengenalan bahan peledak yang disampaikan Moch. Surya Nugraha, Manager Riset dan Inovasi Produk Komersial PT DAHANA serta kunjungan ke kawasan Energetic Material Center untuk melihat secara langsung produksi bahan peledak DAHANA.

AKBP Parsono berharap, kunjungan ke DAHANA dapat memberikan pengalaman yang berharga bari para siswa, mereka bisa mendapatkan banyak informasi baru mengenai industri bahan peledak. 

“Terima kasih untuk PT DAHANA yang secara rutin menerima para siswa dari Kepolisian Republik Indonesia, khususnya Yanmin Polri untuk belajar bahan peledak,” pungkas Parsono.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...