WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Monitoring Evaluasi (MONEV) 9 Desa di Kecamatan Klambu

Grobogan, JMI - Pemerintah Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan dalam minggu sepekan ini melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev), pembangunan pemerintah desa yang menggunakan Dana Desa (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2023 serta persiapan penyaluran DD Tahap lll serta evaluasi pelaksanaan DD tahap l, ll.

"Monev ini merupakan salah satu bentuk tugas pemerintah kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku dan juga beberapa kegiatan desa,ucap Camat Klambu Rustamaji,S.STP,M.Si saat mengecek pembangunan fisik di Desa Trekesi Selasa (04/07/2023).

Setiap kegiatan monev hadir diantaranya Tim Monitoring Camat Klambu, Kasi PMD serta beberapa staf kecamatan dan Pendamping Desa.

Monev tersebut, lanjutnya, dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dan aparat desa bisa tertib dalam administrasi program pembangunan yang menggunakan Dana Desa.



"Kita hanya monitoring dan evaluasi saja, sejauh mana mereka melaksanakan kegiatan ini dan kendala apa yang mereka temui di lapangan. Kita memberikan masukan apabila ada kendala yang ditemui oleh pemerintah desa. Jadi kita lebih kepada pembinaannya," Jelas Rustamaji.

Tercatat pada Juli 2023 ini ada sembilan desa di wilayah Kecamatan Klambu, yang dievaluasi terkait kegiatan pembangunan di desa yang bersumber dari Dana Desa.

Kesembilan desa tersebut yakni, Desa Taruman, Desa Klambu, Desa Penganten, Desa Selo jari, Desa Kandang rejo, Desa Trekesi, Desa Menawan, Desa Jenengan dan Desa Wandan Kemiri.

"Kita sudah membentuk tim monitoring kegiatan pembangunan fisik yang dilakukan oleh pemerintah desa," ujarnya.


Rustamaji mengungkapkan, kegiatan monitoring dan evaluasi ini hanya bersifat teguran dan pembinaan, karena kalau tupoksi pengawasan dan pemeriksaan merupakan ranah Inspektorat, untuk ke enam desa semua sudah terealisasikan dan sesuai yang tercantum dalam APBDesa dan RAB untuk yang 3 desa yaitu Desa Menawan, Desa Wandan Kemiri dan Desa Jenengan kita jadwalkan kemungkinan kamis besok.

Kepala Desa Trekesi Munirul Khakim SE,kepada awak media mengatakan, sangat mendukung kegiatan Monev yang dilaksanakan oleh Tim Kecamatan, hal ini sangat berarti bagi kami. Karena dengan adanya Monev ini kami para Kepala Desa dapat mengetahui kesalahan dan kekurangan sedini mungkin sehingga langsung dapat diperbaiki. Dengan itu, ketika ada audit baik dari Inspektorat diharapkan minim kesalahan. Ucap Kades Trekesi.

 

Pewarta : Heru gun
Editor : Saddam Al Khadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hasil Musorkab Yag di Gelar di Laska Hotel Subang, Ujang Sutrisna Alias Ucok Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum KONI Subang Periode 2024-2029

SUBANG, JMI - Musyawarah Olahraga (Musorkab) Kabupaten Subang Tahun 2024. Ujang Sutrisna alias Ucok Resmi terpilih sebagai ketu...