WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dengan Adanya Program OPIP Masyarakat Desa Bulupayung Merasa Terbantu

Cilacap, JMI - Dalam Pemeliharaan irigasi BBWS Citanduy OP ll mengadakan program OPIP (Operasi Pemeliharaan Irigasi Partisipatif) yang dilaksanakan beberapa Desa, bahkan salah seorang warga Desa Bulupayung Kecamatan Patimuan Warsito merasa bersyukur dengan adanya program tersebut.

"Saya sebagai warga sangat mendukung adanya program ini,karena masyarakat khususnya petani selalu membutuhkan air ketika di musim kemarau,bahkan untuk kebutuhan lainnya, yang tentunya kami merasa terbantu dengan adanya program ini," jelasnya.

Ketua pokmas Desa Bulupayung Kadar mengatakan, mendapatkan program OPIP satu kesempatan untuk mendongkrak pertanian agar lebih maju dari sekarang.

"Alhamdulillah desa kami ini mendapatkan program OPIP dengan panjang kurang lebih 1572 meter, bahkan pekerjaannya selama ini lancar dan material yang dikirim dari bbws juga sangat memuaskan,"katanya.

Konsep atau model OPIP bisa menekan biaya penyelenggaraan operasi dan pemeliharaan (OP) irigasi, karena melibatkan peran serta masyarakat yang diharapkan bisa lebih efektif dalam pengerjaannya dan efisien dalam penganggarannya.

Dalam pengerjaannya pun melibatkan tenaga lokal dimana tempat berlangsungnya pekerjaan, untuk menghindari kecemburuan sosial dan juga untuk menjaga kualitas pekerjaan sekaligus sebagai pengawas dalam pekerjaan tersebut. 

Penjelasan ketua Pokmas ketika ditanya Journal Media Indonesia diamini Kepala Desa Bulupayung Sudir, bahkan ia mengatakan selalu teringat ketika konsultan mewanti- wanti dalam pekerjaan.

"Dalam paparan konsultan balai waktu itu mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan pekerjaan itu yang harus diperhatikan antara lain yaitu material Batu pada waktu pemasangan perlu hati -hati. Begitu pula material pasir dan air juga perlu waspada jangan sembarangan menggunakan air, misalnya air payau itu tidak boleh di pakai,jadi semua itu selalu kami ingat,'katanya.

Selain itu Kepala Desa Bulupayung yang didampingi ketua Pokmas mengucapkan terimakasih kepada pemerintah/bbws Citanduy.

"Kamu beserta Pokmas dan juga mewakili masyarakat Desa Bulupayung Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap mengucapkan terimakasih kepada bbws Citanduy yang telah memberikan program OPIP ke Desa kami," pungkasnya.

OP sebagai pelaksana pemeliharaan Irigasi saat ini sedang betul- betul membantu para petani dengan harapan saluran air bisa benar- benar masuk ke lahan persawahan dengan tanpa ada hambatan tentunya. Begitu juga dalam hal menjaga kestabilan sungai, mencegah banjir dan juga menjaga kestabilan tebing jangan sampai longsor dan sekarang sedang berjalan.

Pewarta : Jelly
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Prof H Amran Suadi Optimis Kaspudin Nor Lolos Menjadi Dewas KPK

JAKARTA, JMI – Sebanyak 146 calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dinyatakan lolos pada seleksi admi...