WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Peringati Hari Jadi Desa Kompa ke 70, Karang Taruna Desa Siap Berkolaborasi dengan Semua Unsur

SUKABUMI, JMI - Pelepasan Kirab Budaya dan Karnaval Seni Dalam Rangka Hari Jadi ke-70 Desa Kompa Kecamatan Parungkuda Kab.Sukabumi Jawa Barat Berpusat di Lapang Kaliki Desa kompa Minggu, 13 /08/ 2023.

Kirab budaya menampilkan ragam tradisi khas wilayah masing masing kedusunan warga Desa Kompa, arak arakan dan karnaval antusias di ikuti warga, terlihat padat dan ramai warga saat memadati lapangan sepak bola lokasi tempat acara berlangsung. Sebanyak 28 Rt dari 7 Rw Mengikuti rangkaian kegiatan hingga puncak hari jadi ini.

Hadir dalam acara sebagai tamu undangan, 
Wakil bupati Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri, M.Si., Camat parungkuda Deden Sumpena, S.Pd.I., S.I.P., M.Si.,Forkompimcam parungkuda, lembaga desa kompa,TP PKK desa Kompa, Babinsa Koramil parungkuda, Babinkamtibmas Polsek parungkuda dan para mantan kepala desa Kompa sesuai daftar undangan.

Berikut susunan acara kegiatan 07.00-13.30 wib
Karnaval Hari jadi Desa, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembukaan, Paduan Suara, Tari daerah, Hadroh , Paduan Suara, Lomba Fashion Show, Pembagian Hadiah, 19.30-selesai Pembukaan, Sambutan, Pembacaan Wahyu illahi, Pidato Cilik, Hadroh, Tablighul Islamiyah, do'a dan tutup.

Secara simbolys peringatan Hari jadi Desa kompa ke 70 ini dengan di potongnya tumpeng oleh kepala desa periode 2019-2024 sebagai ungkapan syukur dan penyerahan secara simbolys potongan tumpeng kepada Mantan Kepala desa terdahulu sebagai penghormatan berdirinya Desa Kompa sampai kini.
Drs. H. Iyos Somantri, M.Si., Wakil Bupati Sukabumi melepas langsung kirab budaya dan seni dalam rangka Hari Jadi Desa Kompa ke 70thn, di saksikan Yulianti S.IP, Kepala desa Kompa , camat Parungkuda, tokoh masyarakat  dan Panitia acara tepatnya di titik awal dimulainya karnaval.

"70 tahun Desa Kompa sejak 15 agustus 1953 - 15 agustus 2023, Hari ini puncak acara hari jadi Desa kompa bertepatan dengan peringatan di bulan muharram , kebetulan juga hari jadi di kabupaten Sukabumi sama hari kemerdekaan 17 agustus, rangakaian acara masih panjang sampai nanti malam di isi dengan Tablig akbar oleh Ust.Akri Patrio, kami berharap acara ini tidak berlangsung tahun ini saja dan kami sengaja memperdeskan Hari jadi desa ini karena selama 70thn desa kompa berdiri baru kali ini kita mengadakan Peringatan Hari Jadi desa.menurut sejarah Desa Kompa Pemekaran dari Desa Bojongkokosan karena luas sehingga di bagi dua dengan Bojongkokosan," ucapnya

"Sangat antusias sekali masyarakat menyambut acara ini dan kami mengucapkan terim kasih sebanyak banyaknya atas partisipasi warga, kami bangga. Semoga desa kompa lebih bisa bersinergi lagi "BERSAMA MEMBANGUN DESA" dengan harapan masyarakat bisa menjadi satu untuk membangun desa kedepanya dan untuk perdes hari jadi ini tertuang di PERDES No 2 thn 2022 Hari jadi Desa kompa pada 15 agustus 1953 , Harapan kami di tahun depan sebagai desa mandiri akan lebih baik lagi dan bisa mensejahterakan masyaarakat Desa kompa,"tutupnya.

Ketua Karang taruna desa Kompa Indra Wijaya 
"Kami bersama Pemdes Kompa di dukung semua unsur yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu mengucapkan banyak terima kasih  atas terselenggaranya acara ini dengan lancar sukses dan bisa di terima oleh semua masyarakat desa kompa khususnya, Semoga di angka 70 ini desa kompa unggul aman sejahtera bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Desa Kompa khususnya, sesuai moto acara ini  BERSAMA MEMBANGUN DESA , sama hal dengan harapan masyarakat bisa bersama ikut andil dan terlibat dalam pembangunan desa dan lingkungan,"

"70 tahun itu bukan waktu singkat menurut kami, berbagai perubahan kita rasakan bersama mulai dari pergantian Kepala desa ,perubahan bentuk wilayah sampai perkembangan wilayah dalam berbagai bidang, di titik ini kami ingin sedikit memberi satu terobosan dengan di gelarnya acara ini agar tidak hanya masyarakat  desa kompa saja, generasi penerus tongkat kepeminpinan mampu berkolaborasi dan menatap masa depan Desa Kompa guna kemajuan Pembangunan desa dan Masyarakat Desa,".tuturnya.

"Kami Karang taruna siap Berkolaborasi dengan semua unsur di Desa Kompa Untuk kemajuan dan Pembangunan Desa dan masyarakat desa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarkat menjadi desa yang lebih unggul, aman dan sejahtera"
Dikonfirmasi di tempat sama, Camat parungkuda Deden Sumpena, S.Pd.I., S.I.P., M.Si., "Selamat hari jadi untuk desa Kompa, ini ke 70thn mudah mudahan desa kompa bisa terus melakukan pembangunan pemberdayaan menuju desa Mandiri, karena hari ini memang desa kompa adalah desa maju dan tentunya sebagai media bagi masyarakat untuk berkolaborasi dalam kreativitasnya lebih di tunjukan, paling penting adalah bagaimana bisa bermanfaat bagi mereka. Lanjut deden , Ada perputaran ketika ada kegiatan ini juga perputaran ekonomi ada di acara ini ya tentunya membawa dampak positiv bagi pendapatan kemudian hal lain untuk kepentingan masyarakat,"ujarnya

Ditempat berbeda, Ketua Panitia HUT Desa Kompa ke-70th Epi Hudaepi, S.Pd.I., "kami sangat mengapresiasi Kegiatan Pada hari ini Karena semua pihak ikut serta dalam memeriahkan giat HUT Desa Kompa ke-70th, ini tahun pertama Pemerintah Desa Kompa mengadakan Hari Jadinya, semoga kedepannya bisa lebih meriah lagi dan semua pihak yang ada diwilayah Desa Kompa diharapkan lebih all out lagi dalam memeriahkan Hari Jadi Desa Kompa”.

Lanjut Epi, “Alhamdulillah warga Desa Kompa tumpah ruah kejalan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Desa Kompa Ke-70th dan Alhamdulillah pula kami punya Kepala Desa yang mengingat para Kepala Desa sebelumnya dengan diadakannya momen seperti ini”.

Hampir satu bulan setengah persiapan ini kami adakan dengan dimulainya pembentukan Panitia hingga terlaksananya kegiatan-kegiatan berbagai macam perlombaan Dan tournamen salah satunya, turnamen bola Voli tingkat RW, yang diikuti 8 Ke-Rwan serta tournamen tenis meja, ungkapnya.


Pewarta: A.S.Achong Bahar
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hati-Hati dan Waspada! Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Subang dari Tahun Ketahun Semakin Meningkat

Kepala dinas kesehatan Dr.Maxi saat wawancara dengan sejumlah awak media di ruang kerjanya Subang, JMI - Ditengah kemajuan jama...