WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Rasa Tanggung Jawab Terhadap Pertanian, Kelompok P3A Rahayu Kerjakan Program OPIP

Cilacap, JMI -Pemeliharaan jaringan irigasi adalah upaya menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar selalu dapat berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi dan mempertahankan kelestariannya melalui kegiatan perawatan, perbaikan, pencegahan dan pengamanan yang harus dilakukan secara terus menerus.

Dalam Pemeliharaan irigasi BBWS Citanduy OP ll mengadakan program OPIP (Operasi Pemeliharaan Irigasi Partisipatif) yang dilaksanakan beberapa Desa,salahsatunya Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap.

Pelaksanaan program OPIP di Desa Cimrutu dilaksanakan oleh kelompok P3A Rahayu,dan dalam pengerjaannya pun melibatkan tenaga lokal dimana tempat berlangsungnya pekerjaan, untuk menghindari kecemburuan sosial dan juga untuk menjaga kualitas pekerjaan sekaligus sebagai pengawas dalam pekerjaan tersebut. 

Ketua P3A Rahayu Cimrutu Edi Susanto didampingi Sadikun menjelaskan,bahwa pembangunan dari program OPIP terbagi 3 titik,270 meter dan 175  meter pembuatan baru,sedangkan 120 meter leningan,semuanya sudah selesai.
"Alhamdulillah,semuanya sudah selesai,yang dua titik 445 meter pembuatan baru,dan yang 120 meter leningan,pekerjaannya selama ini lancar dan material yang dikirim dari bbws juga sangat memuaskan,"jelasnya.

"Saya sebagai Ketua P3A Rahayu Desa Cimrutu bersama masyarakat sangat mendukung adanya program ini,karena masyarakat khususnya petani selalu membutuhkan air ketika di musim kemarau,bahkan untuk kebutuhan lainnya, yang tentunya kami merasa terbantu dengan adanya program ini,"imbuhnya.

"Dalam paparan konsultan balai waktu itu mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan pekerjaan itu yang harus diperhatikan antara lain yaitu material Batu pada waktu pemasangan perlu hati -hati. Begitu pula material pasir dan air juga perlu waspada jangan sembarangan menggunakan air, misalnya air payau itu tidak boleh di pakai,jadi semua itu selalu kami ingat,'katanya.

Ketua P3A Rahayu Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dan bbws Citanduy.

"Saya beserta anggota P3A Rahayu dan juga mewakili masyarakat Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dan bbws Citanduy yang telah memberikan program OPIP ke Desa kami, semoga program Tahun ini dilanjutkan Tahun depan," pungkasnya.

Pewarta : Jelly
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dirut Tirta Rangga Subang Angkat Bicara Dihadapan Puluhan Investor di Forum Bergengsi Jakarta, Promosikan Presentasi Proyek Air Bersih untuk Kawasan Industri Pelabuhan Patimban

Subang, JMI – Direktur utama (Dirut) Perumda Tirta Rangga Subang, Lukman Nurhakim mempresentasekan potensi TRS dalam menyambut industrial...