WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tiga Strategi Moch Rivaldi Sausa Untuk Menangkan Hati Pemilih

SUKABUMI, JMI - Kans Kemenangan Calon Legislatif (caleg) dari Kalangan Muda Sangat Besar di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal itu Bisa Diraih Asalkan Para Caleg Muda itu Punya Visi Misi dan Menawarkan Solusi di Daerah Pemilihan (dapil) Masing-Masing.

Momentum ini digunakan oleh kalangan milenial untuk merebut kursi di legislatif yang dari tahun ketahun dikuasai oleh orang yang sama.

Moch Rivaldi Sausa S.M, misalnya. Enterpreneur muda itu memilih hijrah menjadi caleg DPRD Kabupaten Sukabumi untuk membuat warna baru dan semangat baru di kancah politik.

( Generasi milenial harus ambil bagian dalam membangun daerah )

Menurut Rivaldi, keterlibatan anak muda dalam politik juga menjadi bagian penting untuk memastikan generasi milenial ambil bagian dalam membangun daerah.

Visi besar saya kedepan adalah Sejahtera dalam Keberagaman. Seperti kita ketahui pemerataan kesejahteraan adalah cita-cita besar para pendiri bangsa yang harus kita perjuangkan terus menerus.

Di sisi lain kita harus mampu berdamai dan mengelola keberagaman yang kita miliki. Terlebih untuk di Kabupaten Sukabumi, Allah telah menakdirkan kita lahir dan besar disini. Di wilayah yang luas dan lahir oleh keberagaman.

Kita di Kabupaten Sukabumi tak hanya punya sumber daya alam melimpah. Tapi kita juga punya sumber daya manusia yang terbaik dan beragam. Inilah fokus utama yang ingin saya suarakan. Merawat keberagaman  sebagai modal utama menuju kesejahteraan bersama.

Dengan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia ini saya optimis jika kita bisa mengelolanya kedepan Kabupaten Sukabumi akan bisa seperti daerah-daerah besar lainnya.

Apa yang dikembangkan? Bisa sebagai pusat jasa, niaga, pendidikan dan lainnya.  Kita sudah punya fondasi kuat tinggal merawat dan mengembangkan. Kemudian kita bantu pemerintah menyiapkan tambahan infrastrukturnya.

Visi ini kedepan ditopang oleh sejumlah program unggulan yang menjadi bagian dari misi kami. Misalnya program pembangunan ekonomi kerakyatan yang bertumpu keberpihakan pemerintah dalam mengembangkan usaha kecil menengah dan mikro (UMKM).

Sekali lagi keunggulan utama Kabupaten Sukabumi bukan pada sumber daya alamnya saja namun kekayaan sumber daya manusia dengan latar belakang keilmuan yang beragam. Kita bertumpu pada sumber ini.

Inilah yang ingin saya ikhtiarkan melalui fungsi legislasi jika kelak saya diamanahkan di DPRD nanti.

"Karena selama ini yang masyarakat tahu (Anggota dewan) tidak itu itu saja. Wajar, jika hasilnya, kepercayaan publik terhadap lembaga DPRD terus menurun," kata Rivaldi,kepada teamJMI, Jumat (20/10/2023).

Kini Rivaldi telah tercatat sebagai calon legislatif DPRD Kabupaten Sukabumi dari Partai Hanura dengan Nomor Urut Dua ( 2 ) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Dua ( 2 ) Kecamatan Parungkuda, Cidahu, Cicurug, Bojonggenteng, Parakansalak, Kalapanunggal, Kabandungan dan Ciambar.

"Tentu dengan latar belakang yang dimiliki saat ini sebagai enterpreneur menjadi pembeda dibandingkan dengan yang lain, khususnya di Dapil 2,"ujarnya.

( Pendekatan caleg muda untuk memenangkan hati masyarakat )

Kunjungan dan komunikasi yang baik, kata Rivaldi, bisa menjadi salah satu strategi untuk memenangkan hati masyarakat. Saat kunjungan itulah ia bisa menawarkan visi dan misi serta solusi untuk kemajuan daerah.

"Bagi saya Silaturahmi dengan tatap muka lebih efektif. Sehingga, bisa mengetahui seberapa yakin pemilih terhadap saya," ucapnya.

( Logistik utama caleg muda bukan uang, tapi tenaga )

Sehingga, logistik utama yang harus disiapkan oleh caleg muda, menurut Rivaldi, bukan berapa banyak uang, melainkan tenaga dan stamina. Dengan dua modal itu, kata dia, caleg muda bisa menjangkau masyarakat hingga lapisan terbawah.

Ia pun mengaku sangat menghindari praktek politik uang. Sebab, hal tersebut merupakan kecurangan dalam pesta demokrasi.

"Tapi untuk logistik (uang) yang jelas, saya harus siap berapa pun tentunya secara terukur," pungkasnya.

 

TEAMJMI

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pilkades Serentak 2023, Incumbent Saepudin Ketiga Kalinya Menjabat Sebagai Kepala Desa Kosambi Periode 2024-2030

Incumbent Kepala Desa Kosambi Saepudin, untuk ke tiga kalinya terpilih kembali menjabat sebagai kepala Desa Kosambi periode 2024...