WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

7 Alasan Penis Terasa Sakit Usai Bercinta

Jakarta, JMI - Hubungan seks boleh jadi terasa amat menyenangkan. Tapi bisa jadi, dalam beberapa kasus, hubungan seks justru memicu rasa sakit pada penis.

Ada beberapa penyebab penis terasa sakit usai berhubungan seks. Apa saja?

Pada dasarnya, rasa sakit saat atau usai berhubungan seks bisa dialami siapa saja, pria atau wanita.

Namun, banyak rasa sakit usai berhubungan seks dikaitkan dengan wanita. Padahal, faktanya tak cuma wanita, pria juga bisa merasa nyeri setelah berhubungan seks.

Penyebab penis sakit usai berhubungan seks

Ada beberapa alasan yang membuat penis terasa sakit usai berhubungan seks. Berikut daftarnya, merangkum berbagai sumber.

1. Pelumasan kurang

Mengutip Healthline, gesekan saat berhubungan seks bisa mengiritasi kulit penis. Hal ini terjadi utamanya jika pasangan tidak mendapatkan pelumasan yang cukup.

Gesekan bisa mengikis lapisan atas kulit. Hal ini dapat mengekspos lapisan sensitif di bawahnya yang berisi saraf dan jaringan ikat.

Rasa sakit ini biasanya hanya berlangsung sekitar satu hari. Selain rasa nyeri, Anda juga bisa mengalami kulit yang mengelupas, ruam, gatal, hingga pendarahan yang tidak biasa.

2. Durasi terlalu lama 

Penyebab penis terasa sakit usai berhubungan seks lainnya adalah perkara durasi. Ereksi dalam waktu lama dapat membuat otot dan jaringan menjadi tegang hingga terluka. 

3. Ejakulasi tertunda 

Kondisi ini terjadi saat dibutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk ejakulasi setelah berhubungan seks atau masturbasi.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh stres, konsumsi obat-obatan tertentu, infeksi prostat, ketidakseimbangan hormon, dan kerusakan pada saraf panggul atau tulang belakang.

Ejakulasi tertunda memicu pembengkakan dan nyeri pada penis. Gejala ini akan berlangsung beberapa jam setelah berhubungan seks. 

4. Reaksi alergi

Reaksi alergi bisa terjadi terhadap bahan iritan apa pun, termasuk di antaranya bahan kimia yang terdapat dalam kondom, pelumas, mainan seks, atau alat lainnya.

Kondisi ini biasa dikenal dengan sebutan dermatitis kontak iritan atau sejenis eksim. Gejalanya bisa berupa rasa nyeri, kemerahan, dan gatal. 

5. Penis melengkung

Penis yang normal memiliki panjang, ketebalan, dan bentuk yang bervariasi. Dalam beberapa kasus, penis yang melengkung bisa memicu rasa nyeri saat ereksi.

Mengutip Very Well Health, beberapa kondisi penis melengkung disebabkan oleh hipospadia. Nama terakhir merupakan kelainan yang memicu letak lubang kencing (uretra) tidak berada pada posisi yang seharusnya. 

6. Hipersensitivitas

Penis bisa menjadi sangat sensitif setelah orgasme. Jika Anda melanjutkan ke sesi ranjang yang kedua, maka hubungan seks akan terasa menyakitkan.

Hipersensitivitas bisa disebabkan juga oleh kondisi langka neuralgia pudendal. Kondisi ini memengaruhi saraf di daerah panggul. 

7. Posisi seks

Meski terkesan menantang dan menggairahkan, namun posisi seks tertentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Demikian beberapa penyebab penis terasa sakit usai berhubungan seks

 

Sumber: CNNIndonesia

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sungai Cijurey Penyokong Pertanian di Majalengka

MAJALENGKA, JMI - Sungai Cijurey, yang melintasi wilayah Cibodas hingga Maja dan menyatu dengan Sungai Cilutung di Desa Bonang, Kecamatan ...