WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Program Job Fair di SMKN 1 Japara

Kuningan, JMI - Apa yang dimaksud dengan Job Fair? Job Fair adalah acara yang mempertemukan dan menghubungkan perusahaan serta organisasi yang tengah mencair karyawan baru dengan para pencari kerja di suatu tempat tertentu. Job fair disebut juga pameran pameran kerja dan pamaren karier. pada job fair, paar pencari kerja bisa secara langsung berbicara dengan pihak perusahaan, mengumpulkan CV, mengajukan berbagai pertanyaan dan bahkan mengikuti Walk Interview. oleh karena itu tentu kamu perlu mengetahui apa saja persiapan Job Fair dan pakaian job fair yang sesuai.

Job Fair tersebut dikunjungi oleh khususnya kurang lebih 500 orang Alumni SMKN 1 Japara dan para alumni dari lulusan SMK lainnya. sehingga diperkirakan seluruh pelamar yang masuk ke perusahaan-perusahaan mencapai kurang lebih 1000 pelamar.

SMKN 1 Japara Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.  yang di pimpin oleh H. Puad, S.Pd.,M.Pd.  Akhir-akhir ini SMKN 1 telah sukses melaksanakan kegiatan / program Job Fair yang dilaksanakan dari tanggal 20 - 21 September 2023. Job Fair tersebut melibatkan 16 perusahaan dari berbagai wilayah bekerja sama dengan BKK SMKN 1 Japara. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH., Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bapak Dr.  Elon Carlan. MQEP Kabupaten Kuningan menjadi nara sumber dalam kegiatan Job Fair di SMKN 1 Japara tersebut.

Kegiatan selanjutnya di SMKN 1 Japara tersebut adalah KEE Tracer Study yang dilaksanakan pada 10 Oktober 2023 yang dihadiri oleh 300 pengunjung dari target 900 orang pengunjung.

Dalam menjalankan tugasnya H. Puad, S.Pd.,M.Pd. dibantu oleh Wakasek Bidang Humas yakni Jaelani, S.Pd. yang kesehariannya dipanggil dengan Kang Jay (Nama Komunitas Abah Gaul). Jaelani, S.Pd. adalah sosok yang tak asing lagi di telinga dan mata kita. Publik sudah sangat mengenal figur satu ini, meski usianya sudah tidak dikatakan muda lagi.   

Menurut Wakasek Bidang Humas Jaelani, S.Pd., jabatan yang baru di sandangnya tersebut memanglah dirasa sangat cocok, hal itu disebabkan dengan pembawaan dan karakternya yang cepat akrab dengan siapapun. Sikapnya yang ramah serta santun dalam tutur kata maupun sepak terjangnya membuat ia terkenal sebagai orang pintar bergaul baik di dalam maupun di luar sekolah. Hal ini ditegaskan pula melalui guratan wajahnya, tidak ada dalam raut wajahnya terbersit sedikitpun kesombongan. Kepercayaan diri yang dimilikinya membuat Jaelani, S.Pd., ini luwes dan lantang dalam bercakap.  

Pada kesempatan tersebut Wakasek Bidang Humas Jaelani, S.Pd. mengutarakan kepada media: "Job Fair penting diadakan dengan tujuan utamanya adalah untuk melaksanakan proses rekruitmen dan pengangkatan karyawan baru, job fair menjadi Flat Form yang efektif untuk membantu para pencari kerja, menemukan peluang kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan minat pelamar. "Job fair juga merupakan sebuah event pameran yang akan menghubungkan perekrutan dan para pelamar kerja, oleh karena itu salah satu manfaatnya adanya event job fair bagi para pencari kerja adalah membuka peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan sesuai minat, bakat dan bidangnya. saat ini peserta didik di SMKN  Japara berjumlah 1.603 orang, guru pengajar kruang labih 83 orang PNS 22 orang, honorer 27 orang,dan P3K 34 orang".

Atas kinerja H. Puad, S.Pd.,M.Pd. dan  Wakasek Bidang Humas Jaelani, S.Pd., patut diacungkan jempol dan penghargaan setinggi-tingginya. 

 

Pewarta : Rajak

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sungai Cijurey Penyokong Pertanian di Majalengka

MAJALENGKA, JMI - Sungai Cijurey, yang melintasi wilayah Cibodas hingga Maja dan menyatu dengan Sungai Cilutung di Desa Bonang, Kecamatan ...