WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Proyek Ayam Merah Kalaparea Berdampak dan Mengorbankan Warga Kp. Ciharashas Nagrak Sukabumi

SUKABUMI, JMI - Adanya Kegiatan Pembangunan Proyek Ayam Petelur atau Ayam Merah di Kp. Ciharashas Menimbulkan Masalah Besar Bagi Warga Sekitar, Tingginya Intensitas Hujan Membuat Derasnya Air meluap dan Membanjiri Lingkungan Warga kp.Ciharashas Khususnya Rt 01 Rw 05 Desa Kalaparea Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Jumat 24/11/2023. Sore. 

Dikonfirmasi melalui sambungan telephon oleh teamJMI, Idam selaku ketua  Rt 01 Rw 05 menuturkan, "Kurang Lebih 10 Rumah menjadi Korban Dampak Pembangunan Proyek Peternakan Ayam Merah (Ayam petelur), limpasan air dengan lumpur membanjiri hampir seluruh wilayah Rt 01, tinggi air mencapai Betis orang dewasa". Ujarnya

Ditambahkan Idam, "Kegiatan Proyek Ayam Merah dari PT.Aming Kemilau ini berdiri Di kawasan Yang bukan Peruntukanya, Di duga Tanpa Ijin Kegiatan Proyek Peternakan Ayam Merah karena tidak ada Peraturan Bupatinya".jelasnya.

Sebagai Ketua Rt, " Saya merasa Kasihan, warga di bawah Banyak Tanahnya yang ke bawa Air ke bawah, Masuk kedalam rumah dan membanjiri hampir semua warga rt 01. 

Melalaui pesan suara yang dikirimkan kepada teamJMI, "Salah seorang warga mengadu sambil menangis kepada ketua RT, "Rek kumaha geura pak Rt imah teh nepika ka keeum, kajero caina limpas(Mau bagaimana ini Pak Rt, rumah terendam airnya masuk kedalam rumah terbawa  arusnya*)".ucap warga kepada RT dalam Pesan suara.

Dari rekaman video terlihat ibu-ibu dan pemuda sedang mengalirkan limpasan air, sambil menggerutu 'ini mah harus di laporkan ke Desa kalaparea karena kita sudah menjadi korban, kalau sudah begini mau bagaimana lagi coba' ucap ibu-ibu dalam rekaman video singkat.
Tidak hanya rumah warga saja terlihat dalam rekaman video warga satu tempat ibadah warga kp.Ciharashas menjadi imbas limpasan air beserta lumpur dari kegiatan Proyek Ayam Merah ini.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada pihak yang bisa dikonfirmasi.

TEAM/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bupati Karawang Apresiasi Program UMKM Untuk Indonesia

Karawang, JMI - Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menghadiri Launching Program UMKM Untuk Indonesia Tahun 2024 yang bertempat di ...