WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

ATR/BPN Kab.Subang Serahkan 562 Sertifikat Tanah Obyek Landreform Kepada Masyarakat Penerima Manfaat di Desa Sidajaya

Subang, JMI - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Subang menyerahkan hak atas tanah objek landreform sebanyak 562 lembar sertifikat untuk tanah milik warga di Desa Sidajaya, kecamatan Cipunagara kabupaten Subang, Bertempat di Halaman Desa Sidajaya, pada, Kamis 24/12/2023

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Subang di wakili Asda 1 Rahmat beserta jajaran, Kepala ATR/BPN  kabupaten Subang Andi kandandeo Aleppudin A.Ptnh,M.Si beserta jajaran, ketua Lembaga Aliansi BPAN DPC kabupaten Subang Ibrohim Baim beserta jajaran, sekdis peternakan  ,kadis perikanan Hendrawan,Dinas pertanian, perwakilan DPMD Subang, Camat Cipunagara Ganjar Taufiq.S.Ip , Kapolsek Pagaden Kompol H. Undang Sudrajat.SH, Danramil Pagaden Kapten (inf) Wahyu Triyono, Kepala Desa Sidajaya Nanang Nurhikmat ,PG.Rajawli, RNI, Tokoh masyarakat Desa Sidajaya Bos Urip ,para tamu undangan dan ratusan masyarakat penerima sertifikat.

Asisten Daerah Bidang pemerintahan (Asda)satu, Rahmat Effendi

Asisten Daerah Bidang pemerintah (Asda) satu, Rahmat Effendi dalam sambutannya mengatakan kepada masyarakat yang mendapatkan sertifikat , dirinya mewakili Bupati Subang H.Ruhimat mengucapkan terimakasih kepada semua pihak sehingga terbitnya 562 sertifikat yang akan di terima hari ini oleh masyarakat desa Sidajaya,"Tuturnya.

Rahmat menyampaikan bahwa, "Ada Dua jalur terbit nya sertifikat tanah yaitu program Readis  435 bidang dan  Eks PG.Rajawali ,RNI sebanyak 127 bidang,  berkat perjuangan pa Bupati H.Ruhimat memohon ke kementerian ATR BPN hingga terbitnya sertifikat ini,"Ucapnya.

Untuk itu bupati yang tiga hari lagi akan selesai masa jabatannya menyampaikan permohonan maaf bila mana selama Desember 2018 sampai Desember 2023 beliau menjabat selama masa kepemimpinannya infrastruktur yang belum maksimal dan program lainnya yang belum maksimal, karena ada kendala selama tiga tahun bencana covid 19 yang sangat mencekam berpengaruh terhadap program pemerintah tersebut,"Terangnya.

Lebih lanjut, Rahmat menyampaikan, "Alhamdulillah pa Bupati bisa membangun jalan baik yang sudah selesai maupun yang masih di rencanakan di antaranya pembangunan lingkar luar jalan cagak, pembangunan jalan Cipeundeuy -serangpanjang, pembangunan jalan Pamanukan -tegalurung yang sedang berjalan pembebasan lahannya hampir selesai , pembangunan lingkar kota Subang serta jalan penghubung Cisalak -bukanagara yang sudah selesai pengerjaannya,"Terangnya.

Seiring dengan di bangunnya pelabuhan patimban banyak berdirinya kawasan industri di wilayah kabupaten Subang, dengan industri masuk ke wilayah kabupaten Subang pihak ATR/BPN harus bisa menertibkan kepemilikan lahan dari warga masyarakat.

Kita punya program landreform dari pemerintah pusat, bagaimana masyarakat harus di tata perekonomian nya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,"Ungkapnya.

Kepala ATR/BPN kabupaten Subang Andi kandandeo Aleppudin.A.Ptnh,M.Si

Kepala ATR/BPN Kabupaten Subang kepada jurnal media Indonesia mengatakan bahwa, "Hari ini merupakan penyerahan sertifikat tanah , sebelumnya di pasir bungur kecamatan Purwadadi dan Desa Tanjung Sari barat kecamatan cikaum kita sudah serahkan Ribuan sertifikat dari redristribusi dan penyisihan dari RNI , kita berharap BPN tercatat sebagai lembaga  pertanahan, dan hari ini di Desa Sidajaya kita serahkan  562 sertifikat yang kita serahkan kepada warga masyarakat Desa Sidajaya" ujar Kepala ATR/BPN kabupaten Subang.

Lebih lanjut," Andi menambahkan untuk itu kita bukan hanya menyerahkan sertifikat saja kita pun membina penerima manfaat ,di buka seluas-luasnya berdasarkan kearifan lokal di sini ada potensi lokal yaitu desa wisata, serta untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah desa Sidajaya, kearifan lokalnya masyarakat di sini bisa  mengembangkan ternak Domba di antaranya (kambing etawa),dari UMKMnya ada potensi pengrajin batik Ekotin untuk bisa di kembangkan usahanya, supaya standar nya nasional kita akan undang pelatihan batik nasional,"Terangnya.

Andi menambahkan,"Jumlah penerima manfaat sebanyak 562 sertifikat, Berkat perjuangan Kepala Desa Sidajaya benar -benar berempati kepada masyarakat. Berharap masyarakat penerima sertifikat untuk menjaga dan merawat baik-baik sertifikat nya, dirinya berpesan tunggu informasi lanjutan dari kepala Desa maupun pihak GTRA, sehingga kedepannya sertifikat tersebut bisa di gunakan sebaik-baiknya dan bisa di jaminkan di bank BJB buat modal usaha ,"Ungkapnya.

Kepala Desa Sidajaya Nanang Nurhikmat

Di tempat yang sama Kepala Desa Sidajaya Nanang Nurhikmat menambahkan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak terutama bapak Bupati Subang H.Ruhimat, dengan program Tora dan GTRA sehingga bisa memenuhi  keinginan masyarakat untuk mendapatkan program Readis ataupun program tanah Eks  HGU RNI,Alhamdulillah hari ini masyarakat kami sudah mendapatkan sertifikat yang sudah puluhan tahun di tunggu-tunggu, kalo RNI sebanyak 127 sertifikat,dari program readis sebanyak 435  sertifikat, total sebanyak 562 sertifikat,"ucapnya.

Berharap dengan kegiatan hari ini dengan di terima nya sertifikat oleh masyarakat semoga masalah tanah HGU eks RNI masyarakat punya rasa aman, rasa memiliki hak atas tanahnya sendiri ,karena banyak dari pihak-pihak yang menganggap bahwa tanah tersebut tidak bisa di sertifikatkan, kedepannya setelah mendapatkan sertifikat semoga masyarakat Desa Sidajaya kedepannya perekonomian masyarakat semakin meningkat , semakin membaik,"Ungkapnya.


Ketua DPC.Aliansi  Badan penelitian Aset negara (BPAN)  kabupaten Subang Ibrohim Baim mengatakan Alhamdulillah Kami beserta jajaran telah hadir dalam acara penyerahan sertifikat di Desa Sidajaya ,kecamatan Cipunagara kabupaten Subang,"Tuturnya.

Lebih lanjut,"Baim menyampaikan bahwa BPAN kabupaten Subang kedepannya akan tetap mendorong program pemerintah dan terus bersinergi dengan pemerintah dan pihak lainnya , terutama sekali dengan Badan pertanahan Nasional ATR/BPN dan GTRA,"ungkapnya.

 

Pewarta : Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupat...