WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

PSSI dan Polri Tandatangani MoU Perbaikan Iklim Sepak Bola Indonesia

Jakarta, JMI - Polri dan PSSI menandatangani perjanjian kerjasama atau MoU guna menciptakan iklim sepak bola di Indonesia lebih baik. Penandatangan MoU dilakukan di Mabes Polri, Rabu, 13 Desember 2023.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan sebetulnya cita-cita membuat sepak bola Indonesia berprestasi sudah dilakukan sejak lama, seperti kesepakatan Presiden Joko Widodo dengan Presiden FIFA Gianni Infantino yang percaya sepakbola Indonesia bisa menjadi salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. 

“Karena itu ketika kesepakatan itu terjadi kami dari PSSI langsung membentuk Satgas yang diinisiasi oleh Pak Kapolri langsung untuk mendorong yang namanya transformasi sepak bola Indonesia,” kata Erick Thohir di Mabes Polri.

Ia mengatakan, PSSI dan Polri sepakat membentuk satgas independen yang fungsinya sebagai pendamping secara keseluruhan. “Karena memang berdasarkan kesepakatan FIF dan pemerintah ingin mendorong sepak bola Indonesia ini tak negatif football dengan adanya indikasi pengaturan skor,” kata dia.

Di kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan penandatangan MoU dengan PSSI ditujukan untuk menangani masalah kompetisi sepak bola baik di tingkat nasional maupun internasional.

 “Komitmen menciptakan kompetisi yang fair maka sepakat melakukan kerjasama di bidang penegakan hukum dengan satgas mafia bola Polri dan satgas independen,” kata dia.

Sigit mengatakan Polri dan PSSI memang bertujuan membuat iklim sepak bola Indonesia lebih baik. Apalagi, kata dia, belakangan ini ada beberapa insiden suporter sepak bola, yang menurutnya perlu dipebaiki. “Kami juga membuat kerjasama dengan keamanan suporter untuk manfaat bersama,” kata dia.

Sebelumnya, Mabes Polri menyatakan akan membuat peraturan khusus yang akan membahas tentang pengamanan pertandingan sepak bola. Langkah itu diambil sebagai respons agar tragedi Kanjuruhan tidak terulang kembali.

Hal itu juga bagian dari evaluasi menyeluruh yang diminta oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi tentang perbaikan prosedural pengamanan penyelenggaraan sepak bola Indonesia.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022, Wakil Komandan Korps Brimob Polri Irjen Setyo Boedi Moemuni Harso menyampaikan bahwa Polri telah berkoordinasi dengan PSSI. Koordinasi tersebut untuk membuat regulasi yang bakal menjadi pegangan bagi Polri dalam melakukan pengamanan pertandingan sepak bola di stadion.

"Polri semenjak ada kejadian ini ada instruksi dari Kapolri untuk membuat produk yang menjadi bahan untuk suatu regulasi atau dasar untuk masalah keamanan. Tentu pelaksanaan produk ini terkait dengan produk yang dikeluarkan FIFA maupun PSSI," kata Setyo di Jakarta.

 

Sumber : Tempo.co

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pergantian Meron Dalam Haul Eyang Ndoro Pangeran Aryo Kusumo Desa Sumberjosari Karangrayung Selalu Menjadi Daya Tarik Tersendiri

GROBOGAN, JMI - Dalam rangka menyambut bulan Muharam 1446 H masyarakat Dusun Jajar Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kab...