WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

M.Tohir Sosok Berjiwa Amanat dan Respek Terhadap Pembangunan yang Ada, Serta Mengungah Kesadaran Warga Desa Parakan

KUNINGAN, JMI - Kades M. Tohir  adalah sosok yang lincah dan gesit,  Beliau adalah sosok yang ramah, santun, berwibawa dan berhati mulia. Dalam menjalankan tupoksinya dia dibantu oleh perangkat desa yang senior pada bidangnya masing-masing.

Kades M. Tohir  adalah orang yang konsekuen dalam arti ia senantiasa menjalankan roda pemerintahan desanya dengan baik dan terus berjuang demi kepentingan rakyat, senantiasa menjaring aspirasi masyarakat yang ada di desanya agar bisa terealisasi menjadi kebijakan dalam pembangunan desa yang harus diwujudkan karena keinginan untuk merubah ke arah kebaikan dan kemajuan Desa Parakan  telah menjadi prioritasnya. 

Untuk pemimpin pada ekplanasi ini yang tidak lain M. Tohir merupakan pemimpin yang mempunyai tujuan , dia lebih menitik beratkan menggapai kemampuan menyadarkan kepada warganya untuk berpartisi aktif pada segala ranah pembangunan yang berlangsung. M. Tohir sekarang ini merupakan Kepala Desa Parakan Kecamatan Maleber  Kabupaten Kuningan. Kepemimpinannya bisa dikatakan sedikit bicara namun banyak bekerja, dia suka mengajak membangun desa tanpa untuk menggurui dan seakan lebih berarti, namun prinsipnya maju bersama, berat sama dipikul ringan sama dijinjing, itulah antara lain filosofi yang dia miliki. Sepintas wujud pembangunan yang ada di Desa Parakan Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan ini adalah wujud pembangunan fisik material, karena misalnya sekarang telah dilaksanakan pembanguna kantor desa dan ruang serbaguna, tapi ada yang lainnya, jalan lingkungan dan jalan desajuga dibangun kelihatan sangat bagus.

M. Tohir sebagai kades betul sekali sepintas memang wujud pembangunan fisik material yang diutamakan. Sejatinya tidak demikian, wujud pembangunan yang ada di desa Parakan merupakan wujud pembangunan integral, yaitu pembangunan fisik material sekaligus pembangunan mental spiritual, hanya saja memang wujud pembangunan mental spiritual jika kita ingin meneropong tentu menggunakan teropong yang khusus.

Kepemimpinan M. Tohir antara lain yang menonjol adalah mampu memberikan motivasi yang besar dan memberikan pengarahan yang jelas kepada warga desa agar setiap potensi yang ada bisa dikembangkan dengan demikian tidak mustahil partisipasi aktif dari seluruh elemen warga desa bisa di akomodir dan di dayagunakan.Sesungguhnya kebijakan yang diterapkan oleh M. Tohir  merupakan citra dari kepemimpinan yang tepat guna, mengerti masalah dan mengatasi masalah yang ada di desa agar akselerasi pembangunan yang ada di desanya relative memperoleh keberhasilan dan warga desa dalam tahap tertentu cepat memperoleh kesejahteraan. M. Tohir kepemimpinannya patut diberikan apresiasi oleh warganya serta masyarakatnya, kepiawaiannya diacungkan jempol. (Rajak)

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dandim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat Kota Sukabumi

SUKABUMI, JMI - Telah Dilaksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat  Kota Sukabumi, D...