WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Percantik Kali Cigadung, Koramil 0509/Pamanukan Bersama Warga Bersihkan Sampah dan Lakukan Tanam Pohon dan Tanaman Hias

Subang, JMI - Berbagai cara dilakukan Kodim 0605/Subang untuk mengajak warga untuk lebih peduli lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh Koramil 0509/Pamanukan, melaksanakan pembersihan sekaligus menanam Pohon dan menghiasi dengan tanaman hias di sepanjang bantaran Kali Cigadung Pamanukan. Senin, 11/12/2023.

Menggandeng Instansi terkait, stakeholder dan warga sekitar, Koramil 0509/Pamanukan berhasil menyelenggarakan karya bakti pembersihan Kali Cigadung dengan tajuk “Jaga Sungai Jaga Kehidupan”.

Komandan Kodim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya, M.Han., melalui Pasiter Kodim 0605/Subang Lettu Inf Andriana Belo, mengungkapkan bahwa kegiatan karya bakti ini dilaksanakan dalam rangka penanggulangan bencana banjir dalam rangka menghindari wabah penyakit pada musim penghujan, seperti DBD, Malaria dan penyakit lainnya dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, khususnya pembersihan di saluran-saluran air,"ucapnya.


Lebih lanjut," Lettu Andriana Belo menjelaskan Karya bakti ini merupakan wujud nyata dalam melaksanakan perintah pimpinan untuk peduli terhadap lingkungan dan cegah dini potensi terjadinya banjir longsor dan penyakit menular saat musim penghujan

“Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Wilayah Koramil Pamanukan ataupun Kodim Subang saja. Namun juga dilaksanakan serentak di seluruh Kodim-Kodim yang ada di Indonesia sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Maruli Simanjuntak M.Sc.” Ungkap Pasiter.

Sementara itu Kapten Inf Saefi, Danramil 0509/Pamanukan saat ditemui di lokasi Karya Bakti menjelaskan bahwa pada kegiatan Pembersihan kali tersebut, fihaknya mendapatkan bantuan alat berat yang dikirimkan oleh Komandan Kodim 0605/Subang serta dilaksanakan juga penanaman 100 pohon keras dan 400 tanaman hias yang di gelar di sepanjang bantaran kali Cigadung,"Tuturnya.

Kapten inf.Saefi menyampaikan “Alhamdulillah hari ini kita mendapatkan kiriman 1 (satu) alat berat dari Pak Dandim (Komandan Kodim 0605/Subang) sehingga pembersihan bisa lebih efektif dan efisien” Pungkas Danramil Pamanukan.

Jajaran pemdes Mulyasari bersama Forkopimcam Pamanukan percantik kali Cigadung bersihkan sampah dan menanam pohon dan tanaman hias


Di tempat terpisah, Kepala Desa Mulyasari Hasanuddin masawi,S.Pd kepada jurnal media Indonesia mengatakan  bahwa dengan kegiatan bersih-bersih dan penanaman pohon serta tanaman hias untuk mempercantik sungai Cigadung,dirinya  beserta jajaran pemerintah Desa Mulyasari mengucapkan terima kasih kepada pihak BRI dan forkopimcam Pamanukan yang sudah peduli kepada masyarakat desa Mulyasari dengan diadakannya program jaga sungai jaga kehidupan.,Semoga kedepannya bermanfaat,"Ucapnya.

Lebih lanjut," Hasanudin Masawi menambahkan  setelah acara seremonial ini,kedepannya pemdes Mulyasari akan terus berikhtiar untuk menjaga dan merawat sungai dan dianggarkan setiap tahunnya untuk program pembersihan sungai melalui padat karya tunai desa (PKTD),"Ungkapnya.

 

Pewarta: Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Polres Bogor Melayani Langsung Masyarakat di Jum'at Curhat

Kab Bogor. JMI - Dalam acara rutin "Jum'at Curhat" di Polres Bogor, 23 Februari 2024 mulai pukul 08.30 sd selesai, warga ma...