WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Ada Pesan Khusus Dalam Perayaan HPN 2024 yang Digelar Grobogan Network

GROBOGAN, JMI - Pers adalah Lembaga sosial dan media yang bergerak dalam kegiatan jurnalistik seperti mencari, mengambil, memiliki, menyimpan, mengolah dan mengirimkan informasi baik berupa tulisan, vidio, audio, dan gambar maupun dalam bentuk lain melalui media cetak, elektronik atau jenis saluran lain.

Puluhan insan pers yang tergabung dalam wadah Grobogan Network merayakan Hari Pers Nasional (HPN) ke 78 di Front one Hotel, Jln Gajah Mada, Purwodadi, Grobogan, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan yang mengusung tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

Heru Gunawan (Jurnal Media Indonesia JMI) Ketua Panitia HPN 2024 Grobogan Network

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Grobogan Sri Sumarni yang diwakili asisten 1 Kurnia Saniadi, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto yang diwakili Herlambang, Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan di Wakili Iptu Arif KBO Intel, Dandim 0717/Grobogan Letkol Arh Muda Setyawan diwakili Lettu Warsidi, Kadiskominfo Walad diwakili Ariyanti, Komandan Ansor Grobogan Harsono dan Kepala Desa Ngembak, Awang Yudha dan juga pulahan awak media yang tergabung dalam Grobogan Network serta para undangan dari rekan-rekan media.

Ketua Panitia kegiatan HPN tahun 2024, Heru Gunawan dari JURNAL MEDIA Indonesia (JMI) menyampaikan, "Hadirnya Grobogan Network untuk merangkul semua insan pers agar bersama sama membangun Kabupaten Grobogan. Ia juga mengapresiasi semua pihak atas terlaksananya acara tersebut.

"Kami insan pers yang tergabung dalam wadah Grobogan Network tetap bermitra dengan pemerintah daerah dan institusi TNI-Polri," terangnya.

Asisten 1 Kurnia Saniadi

Disampaikan Heru, bahwa acara puncak HPN 2024 dilaksanakan di Hotel Front one Purwodadi, sebelumnya rekan rekan Grobogan Network melakukan ziarah dan tabur bunga di makam Bupati Pangeran Ario Suenarto di Desa Ngembak Kecamatan Purwodadi. Dia juga mengatakan, bahwa ada makam di Desa tersebut orang yang pernah berjasa di Grobogan namun luput dari perhatian,"Ungkap Heru

Ada pesan dari warga masyarakat Desa Ngembak untuk Bupati Grobogan agar Pemkab dalam hal ini Bupati juga bisa memperhatikan kondisi makam Bupati Pangeran Ario Suenarto dan juga makam Bupati RT.Adipati Martohadi Negoro yang memang kondisi lokasi Makam cukup memprihatinkan karena seolah luput dari perhatian sentuhan Pemerintah Daerah, apapun juga beliau pernah berjasa terhadap Grobogan, seharusnya makam seperti ini harus dilestarikan seperti halnya makam-makam lainnya. 

Warga Masyarakat Desa Ngembak berharap agar makam Bupati Suenarto dan Bupati Adipati Martohadi Negoro bisa dimasukkan dalam kegiatan rutin Ziarah menjelang Hari Jadi Kabupaten Grobogan dan bisa diperbaiki serta direnofasi," Ujar Heru menyampaikan pesan khusus warga masyarakat Desa Ngembak Kepada Bupati Grobogan.

Hal senada disampaikan Awang Koordinator Grobogan Network, ia turut prihatin atas kondisi insan pers di Kabupaten Grobogan yang terkotak kotak. Menurutnya hadirnya Grobogan Network untuk menyatukan insan pers di Kabupaten Grobogan.

Awang juga berpesan kepada pemerintah agar memprioritaskan belanja iklan, sebab masih sulit sebagaimana menghadapi transformasi digital.


"Kami insan pers salah satu pilar penjaga demokrasi ini berusaha menjernihkan informasi dengan memberikan fakta fakta apa adanya tetapi bukan mengada ada, bukan asumsi asumsi, bukan seolah olah ada. Untuk itu kami selalu mengambil langkah kongret dan strategis, terus melakukan inovatif agar adaptif dalam merespon perubahan zaman, agar mampu berdiri tegak ditengah gempuran persaingan global," Jelasnya.

Sementara Bupati Grobogan melalui Asisiten 1 Kurnia Saniadi menyampaikan pesan, bahwa masih ada kekurangan dan keterbatasan, karena itu pihaknya menerima masukan dari insan pers, agar langkahnya betul betul bisa tereksekusi sehingga membawa keuntungan dan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan pemerintah daerah.

"Untuk itu kritikan dan masukan dan dukungan dari insan pers sangat penting. Mengingatkan jika ada yang kurang yang perlu diperbaiki, mendorong yang masih lambat dan mengapresiasi yang sudah berjalan baik, agar seluruh jajaran pemerintah daerah dan desa bekerja dengan frekuensi yang sama, visi yang sama untuk kemajuan Grobogan hebat," Jelasnya.

Ia berharap kepada insan pers di Grobogan agar menjalankan profesinya berdasarkan prinsip prinsip dan kode etik jurnalis yakni mentaati undang undang pers.

Terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi, saya juga berterima kasih kepada PERS yang turut mengawal Pemilu (Pemilihan Umum) 2024 yang baru saja kita jalani,"Ujar Bupati.

"Beritakanlah fakta-fakta apa adanya tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi dan bukan seolah-olah, Bupati pun juga menegaskan bahwa ia sangat menghormati kebebasan pers, kebebasan berekspresi serta kebebasan berpendapat," Ujar Bupati.


"Semoga HPN ini dapat menjalin komitmen bersama untuk membangun Grobogan yang harmonis dan mewujudkan ekonomi yang merata bagi seluruh masyarakat Grobogan," pungkasnya.

Sementara dalam rangkaian akhir HPN 2024 oleh Grobogan Network diantaranya adalah pemotongan tumpeng, pemutaran vidio dokumenter dari awak media dengan warga masyarakat Desa Ngembak, pembacaan puisi dari seniman Grobogan (Jayadi) juga pembacaan puisi Jawa yang dibacakan Ali Rukamto dari media Lintasindo. Dalam pemutaran vidio film maupun pembacaan puisi berlangsung dengan penuh khidmat dan menghayati meresapi dari tayangan pemutaran vidio yang membawa makna jangan menilai seseorang dari luarnya atau jangan selalu terkesan negatif pada orang lain.

SELAMAT HARI PERS NASIONAL Ke 78 Tahun 2024

- Kebebasan Pers Adalah Sesuatu Yang Harus Diperjuangkan

- Tak Ada Demokrasi Tanpa Kebebasan Pers,Tak Ada Kebebasan Pers Tanpa Demokrasi

- Semoga Pers Indonesia Semakin Maju Dan Amanah Dalam Menyampaikan Berita.

 

 Pewarta: Heru gun

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Buntut Kontroversi Wasit Saat Lawan Qatar, PSSI Resmi Ajukan Protes ke AFC

JMI - Ketum PSSI, Erick Thohir menyatakan bila pihakya sudah melayangkan protes terkait kontroversi keputusan wasit di laga timnas U-23 In...