WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dandim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat Kota Sukabumi

SUKABUMI, JMI - Telah Dilaksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat  Kota Sukabumi, Dengan Tema,Menciptakan Inovasi Dalam Sektor Pertanian Untuk Meningkatkan Produktivitas, Stabilitasi Harga Pangan,Penanganan Stunting dan Mencapai Ketahanan Pangan Berkelanjutan Bertempat Di Kelompok Tani Kp. Selaawi Rt.02/03, Kel.Cibeureum Hilir, Kec.Cibeureum, Kota Sukabumi, Rabu(28/02/2024).

Komandan Kodim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto, S.Hub, Int menghadiri acara Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan tahun 2024.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan  ini melakukan Panen Padi, Gerakan Pangan Murah (GPM) dengan mengadakan pasar murah, Sekolah Pangan Kreatif dan Sehat (SEPAKAT), Gerakan Makan Telor dan Ayam (GERMATAM) dan Gerakan Makan Ikan (GEMARIKAN).

Hadir dalam kegiatan ini  Drs. Kusmana Hartadji, M.M. (Pj. Walikota Sukabumi),Ibu Siti Haryanti, SP, M.Si Koordinator Perencanaan pada Ditjen Tanaman Pangan dan Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Akbp Ari Setyawan Wibowo, S.H., S. IK., M.Si Kapolres Sukabumi Kota, Adrian Hariadi, S.STP (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi),Yanwar Ridwan, S.IP., M.A.P, Camat Cibeureum, Mupika Cibereum, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Cibeureum hilir).Suhendar, S.IP (Lurah Cibeureum hilir), Edi Supriadi (Ketua Kelompok Tani Seroja Kec. Cibeureum).Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kota Sukabumi,Anggota Kelompok Tani Seroja dan Warga masyarakat Kec. Cibeureum.
Drs. Kusmana Hartadji, M.M. (Pj. Walikota Sukabumi), dalam sambutannya menyampaikan, "Ucapan terima kasih kepada forkopimda Kota Sukabumi serta Forkopimcam Cibeureum yang telah hadir dalam kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat Kota Sukabumi yang mana dilaksanakan dengan melakukan Panen Padi bersama, Gelar pangan murah, Sosialisasi Gemar makan ikan, makan telur di Poktan Seroja Kel. Cibeureum hilir Kec. Cibeureum Kota Sukabumi.

Dengan adanya kegiatan ini dimaksudkan agar bagaimana kita perlu inovasi meningkatkan Ketahanan Pangan dengan meningkatkan stabilitas harga di masyarakat mengingat harga beras saat ini sudah melambung tinggi.

Lahan pertanian yang ada di Kota Sukabumi saat ini berkisar 1.920 hektar, dan mengurangi 26 hektar dari tahun lalu, hal ini diakibatkan karena adanya pembangunan dalam rangka penataan Kota Sukabumi.
Alhamdulillah hari ini kita juga bisa panen padi di lahan LP2B Mandiri Kel. Cibeureum hilir Kec Cibeureum Kota Sukabumi yang sekira bulan Nopember 2023 telah di Tanami padi oleh Kelompok Tani Seroja bekerja sama dengan Kodim 0607 diareal sawah seluas 15 ha yang mana telah berhasil panen dengan baik, dan sisanya seluas 350 M2 akan kita panen pada hari ini.

Saat ini DKP3 Kota Sukabumi telah menanam Padi di areal sawah seluas 280 ha dengan perkiraan panen pada bulan Februari 2024 sebesar 630 ton beras, atau mencukupi 30% dari kebutuhan Masyarakat Kota Sukabumi."Pungkasnya.
Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2024 yakni untuk mengantisipasi dampak dari badai El Nino.

Dilokasi kegiatan diselenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) dengan mengadakan pasar murah yang menjual bahan-bahan pokok (sembako) untuk warga masyarakat.Dengan adanya pasar murah ini  antusias warga masyarakat untuk datang dan belanja cukup tinggi(Pendim 0607).


JMIred
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ayo Buruan Daftarkan Diri Anda! Bawaslu Subang Rekrutmen Pengawas ADHOC Khusus Panwaslu Kecamatan di Pilkada 2024

Koordinator Divisi SDM organisasi Diklat Bawaslu, ketua Pokja Rekrutmen panwascam pilkada Subang 2024 Imanuddin Subang, JMI – D...