WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dinas PUTR Majalengka Terus Jaga Kualitas Infrastruktur Jalan

MAJALENGKA, JMI - Dalam rangka menjaga kualitas infrastruktur jalan yang menjadi tulang punggung mobilitas masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Majalengka terus aktif melakukan kegiatan pemeliharaan rutin.

Salah satu lokasi yang mendapat perhatian terkait pemeliharaan hasil pembangunan yaitu jalan Kehutanan di Kecamatan Majalengka.

Unit pelaksana teknis PKBTR wilayah Majalengka Dinas PUTR Majalengka sebagai ujung tombak pelaksana kegiatan tersebut, secara berkala rutin melaksanakan serangkaian langkah pemeliharaan jalan. 

Menurut Kepala Dinas PUTR Majalengka, H. Agus Tamim, bahwa pemeliharaan tersebut mencakup pembersihan dan perawatan vegetasi. Melalui kegiatan ini, vegetasi di sepanjang jalan Kehutanan diperhatikan dengan seksama.

"Rerumputan atau ilalang yang tumbuh terlalu dekat dengan badan jalan dipangkas, dan semak-semak yang mengganggu pandangan pengguna jalan dibersihkan," ujar Agus Tamim, Jumat (8/3/2024).

Tujuan utamanya, kata dia, adalah untuk menjaga keamanan pengguna jalan serta mencegah potensi kecelakaan akibat vegetasi yang tidak terkendali.

Kemudian, setiap kerusakan fisik pada jalan, seperti lubang atau retakan, diperbaiki secara berkala. Tim pemeliharaan jalan melakukan pengecekan rutin untuk mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan.

"Melalui proses ini, diharapkan kualitas jalan dapat tetap terjaga dan pengguna jalan dapat melintas dengan aman," jelasnya.

Di samping itu, Agus menambahkan, bahwa salah satu faktor penting dalam menjaga kualitas jalan adalah dengan melakukan pembersihan dan perawatan terhadap saluran air dan selokan di sepanjang jalan, genangan air dapat dicegah, sehingga risiko kerusakan pada permukaan jalan akibat genangan dapat diminimalkan.

"Oleh karena itu, masyarakat pun diharapkan turut serta berperan untuk bersama-sama menjaga hasil pembangunan yang telah dilakukan pemerintah agar nilai manfaatnya terasa lebih lama," tuturnya.

Agus menandaskan, adanya kegiatan pemeliharaan jalan rutin yang dilakukan oleh Dinas PUTR Kabupaten Majalengka, diharapkan kualitas infrastruktur jalan di wilayah tersebut dapat terus meningkat dan memberikan kontribusi positif bagi mobilitas dan keselamatan masyarakat. 

Pewarta ; Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...