WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Karna Sobahi Bangun Area Publik Untuk Bahagiakan Masyarakat Majalengka

MAJALENGKA, JMI - Inilah Area Publik di kota Majalengka yang dibangun pada masa kepemimpinan Karna Sobahi, mantan Bupati Majalengka periode 2018-2023 yang membahagiakan masyarakat. 

1. Alun alun Majalengka. 

Alun alun Majalengka direvitalisasi secara bertahap pada tahun 2019-2020 dengan menghabiskan anggaran Rp. 18 miliar dari sumber dana bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat. 

Kehadiran alun alun Majalengka  memfasilitasi warga untuk berekspresi,  hiburan, area diskusi, bahkan untuk acara One Day One Juz di rumput sintesis  kerap dimanfaatkan, kemudian dipakai pelaksanaan sholat hari raya umat Islam baik Idul Fitri maupun Idul Adha serta arena bermain anak dan keluarga. Selain itu ramah penyandang disabilitas. 

2. Pedestrian Taman GGM dan Sky Walk Raharja

Taman GGM ini nampak dibangun dengan penuh bunga bunga warna warni berikut kursi kursi yang cantik serta lampu yang indah. 

Pembangunan revitalisasi pedestrian GGM ini dibangun tahun 2020  dari sumber dana CSR pengusaha di Majalengka dan sejumlah BUMD di Majalengka sebesar Rp. 4,8 miliar. 

Di sebelah pedestrian GGM dibangun Sky Walk yang didalamnya terdapat kios kios kuliner Majalengka. Merupakan tempat nongkrong yang asyik sambil menikmati kuliner. 

3. Taman Raharja Munjul 

Sebelumnya, taman ini bernama Taman Dirgantara (ada pesawat terbang) dibangun tahun 2020, dilengkapi kursi untuk warga bersantai dan bunga bunga yang cantik serta lampu yang indah dan dilengkapi track untuk olahraga lari, disebelahnya ada kios kios yang bisa dinikmati berbagai  kuliner Majalengka/pusat jajanan rakyat dilengkapi Musholla dan toilet. 

4. Pedestrian Pasar Kadipaten

Dibangun seperti di area Jalan Malioboro Yogyakarta, masyarakat merasakan kenikmatan duduk santai bersama keluarga sambil minum teh atau bubur ayam dan kuliner lainnya. 

5. Taman Sejarah

Dibangun pada tahun 2021 dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 3,5 miliar dari APBD Kabupaten Majalengka. 

Di dalam taman ini terdapat relief raksasa sepanjang 30 meter yang menceritakan peristiwa yang pernah terjadi di Majalengka,  dari zaman Kerajaan Talaga hingga zaman Kolonial Belanda. 

Terdapat pula nama nama yang pernah menjabat Bupati Majalengka serta billboard yang memasang gambar gambar tokoh Majalengka,  seperti tokoh budaya, pendidikan, legenda dan tokoh pahlawan nasional. Ruang publik ini dibangun untuk wisata edukasi dan masyarakat. 

6. Taman Bagja Raharja 

Dibangun di atas tanah eks Mapolres dulu, dengan spot indah dilengkapi tempat duduk dan taman taman bunga yang cantik. Di tempat ini dibangun sebuah masjid megah berbentuk bunga tulip yang dinamakan Masjid Raharja Khoerul Ummah. 

Disamping taman ini dibangun pusat kuliner Majalengka dengan nama Kasungka Foodcourt dua lantai  dan di sampingnya dibangun lapang futsal bagi yang senang olahraga tersebut  

7. Gedung Creative Center 

Dibangun di eks Pujasera dengan anggaran sebesar Rp. 9 , 6 miliar di tahun 2022. Diharapkan aktivitas anak muda bisa diekspresikan di sini. Dilengkapi dengan  lapang bola basket serta area skateboard dan arena bermain olahraga serta panggung terbuka untuk pentas seni dan lainnya yang dikolaborasikan dengan gedung Tourist Information Center (TIC).

Pewarta : Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...